2 years ago, Posted by: satekso

Tentang 3 Penerima Penghargaan Nobel Di Bidang Kimia

Keesokan harinya setelah pengumuman penerima nobel fisika tahun 2018 yaitu pada tanggal 3 Oktober 2018, telah diumumkan para penerima penghargaan nobel pada bidang kimia. Mereka adalah Dua ilmuwan Amerika Serikat, Frances Arnold dan George Smith, serta ilmuwan Inggris, Gregory Winter. Berikut beberapa informasi mengenai ketiga penerima penghargaan tersebut :

Frances Arnold

Frances Arnold yang merupakan wanita kelima dalam sejarah yang mendapat penghargaan nobel di bidang kimia mendapat setengah dari penghargaan. Arnold lahir pada tanggal 25 Juli 1956 di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Arnold, yang berusia 62 tahun, adalah pengajar di California Institute of Technology. Metodenya dalam merekayasa DNA yang meniru proses evolusi, menghasilkan enzim yang bisa menggantikan bahan kimia berbahaya untuk memproduksi bahan-bahan kebutuhan manusia termasuk obat-obatan dan biofuel.

George Smith

George Smith lahir pada tanggal 10 Maret 1941 di Norwalk, Connecticut, Amerika Serikat.  Mendapat seperempat dari penghargaan nobel atas penemuannya pada pengembangan metode memanfaatkan virus yang menginfeksi bakteri, untuk memproduksi protein-protein baru. Penemuan ini didapatnya saat menjadi bagian dari University of Missouri, Kolombia, Amerika Serikat.

Gregory Winter

Sir Gregory P.  Winter dianugerahi Nobel atas karyanya menggunakan teknik produksi itu untuk mengembangkan antibodi yang menciptakan bahan-bahan baru obat. Atas penemuannya ini Winter di anugerahi seperempat dari penghargaan, berbagi dengan George Smith. Gregory lahir pada tanggal 4 April 1951 di Leicester, Inggris Raya. Penemuan ini didapatnya di MRC Laboratory of Molecular Biology, Cambridge, Inggris Raya.

 

Sumber :

https://www.nobelprize.org

https://www.suara.com

https://www.voaindonesia.com

http://parstoday.com


Post Views: 302


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved