2 years ago, Posted by: satekso

Persebaran Fauna Di Dunia

Kondisi geografis maupun iklim di berbagai belahan dunia secara langsung akan membuat morfologi, fisiologi dan beberapa hal dari fauna akan berbeda pula. Tentu kita akan melihat perbedaan yang sangat jelas jika kita memabndingkan hewan yang biasa hidup di kutub utara dengan hewan yang biasa hidup di gurun pasir kering. Oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa persebaran fauna di dunia. Berikut persebarannya :

  1. Fauna Paleartik

Daerah Persebaran meliputi wilayah Siberia, Rusia, Sebagian besar Benua Eropa, daerah sekitar laut Mediterania sampai Afrika bagian utara, Cina, dan Asia bagian timur laut termauk Jepang. Jenis fauna yang termasuk wilayah Palearatik antara lain berbagai spesies anjing, termasuk serigala, tikus, kelinci, beruang kutub, panda, dan rusa kutub.

2. Fauna Neartik

Daerah persebaran nya meliputi Amerika Utara Sampai dengan Meksiko. Jenis Fauna nya antara lain antelop bertanduk cabang, tikus berkantung, kalkun, berbagai jenis spesies burung, anjing, kelinci, ular, kura-kura, dan tupai.

3. Fauna Neotropik

Daerah persebaran nya meliputi Amerika Selatan, Meksiko bagian Selatan, Amerika Tengah, dan India bagian Barat. Jenis-jenis fauna Neotropik ialah armadillo, piranha, belut listrik, ilama (Unta Amerika Selatan), buaya, kadal, kura-kura, dan macam-macam jenis spesies kera. Fauna diwilayah Neotropik sebagaian besar terdiri atas bertulang belakang (vertebrata) sehingga wilayah ini sering kali disebut wilayah vertebrata.

4. Fauna Ethiopia

Fauna Ethiopia ini daerah persebaran ini meliputi wilayah , madagaskar, Afrika, dan Jazirah Arab bagian selatan. Jenis Fauna Ethiopia anatara lain kuda nil (yang terdapat hanya di sungai Nil Afrika), gorila, simpanse, unta, trenggiling, lemur, zebra, cheetah, singa, dan jerapah.

5. Fauna Oriental

Daerah persebarannya meliputi Asia Selatan, dan Asia Tenggara, Termasuk Indonesia. Macam-macam Fauna Oriental adalah gibbon, badak, orangutan, gajah, harimau, rusa, banteng, berbagai jenis unggas, Ikan, reptil, dan serangga.

6. Fauna Australia

Daerah Persebaran nya meliputi Papua, Kepulauan Aru, Asutralia, dan Tasmania. Jenis Fauna nya antaraa lain kanguru, platypus (cocor bebek), kuskus, koala, wallaby, cendrawasih, kasuari, ular piton, buaya, kadal, kakatua, dan merpati.

7. Fauna Selandia Baru

Daerah persebaran nya meliputi Selandia Baru (New Zealand) dan disekitar pulau-pulau kecil Oceania. Jenis Fauna Ocenia antara lain kiwi, dan sphenodon.

8. Fauna Antartika

Daerah persebaran nya meliputi Benua Antartika dan pualau-pulau kecil disekitarnya. Jenis Fauna Antartika antara lain pinguin dan anjing laut.

 

Sumber :

https://geographyeducation.wordpress.com

https://www.gurupendidikan.co.id


Post Views: 4652


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved