3 years ago, Posted by: satekso

Mengenal Botani, Ilmu Tumbuhan Yang Komperhensif

Botani adalah ilmu tumbuh-tumbuhan, termasuk juga jamur dan alga dengan mikologi dan fikologi berada di dalam cabang ilmu botani. Dengan demikian, dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi, seperti genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi yang berhubungan dengan tumbuhan. Istilah botani berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang berrati rerumputan atau padang penggembalaan. Saat ini botani memepelajari sekitar 400.000 spesies organisme hidup dimana 260 ribu di antaranya adalah tumbuhan berpembuluh dan 248 ribu di antaranya adalah angiospermae. Orang yangmenekuni bidang botani disebut sebagai botanis atau ahli botani.

Botani berakar dari ilmu herbalisme, ilmu yang mempelajari pemanfaatan tumbuhan untuk khasiatnya secara medis.Terdapat berbagai catatan kuno yang mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan jenis dan manfaatnya di India (1100 SM), Avestan kuno, dan China (221 SM).

Botani modern merujuk kepada kebudayaan di Yunani Kuno, terutama Theoprastus (sekirat 371–287 SM), seorang murid Aristotelesyang menemukan prinsip ilmu botani. Ia juga dikenal sebagai "Father of Botany". Karyanya, Enquiry into Plants dan On the Causes of Plants merupakan dua kontribusi utama bagi ilmu botani hingga Abad Pertengahan, hampir 17 abad setelah buku tersebut ditulis.

Karya lainnya dari Yunani Kuno adalah De Materia Medica yang memuat ilmu herbalisme, ditulis oleh Pedanius Dioscorides. Buku ini menjadi referensi selama lebih dari 1500 tahun. Kontribusi lainnya pada Jaman Keemasan Islam yaitu Nabatean Agriculture karya Ibn Wahshiyya, Book of Plants karya Abu Hanifa Dinawari, dan The Classification of Soils karya Ibn Bassal. Di awal abad ke 13, Abu al-Abbas al-Nabati dan ibn al-Baitar menulis botani secara sistematis dan ilmiah.

Di pertengahan abad ke 16, kebun raya dibangun di sejumlah perguruan tinggi di Italia. Orto botanico di Padova dipercaya merupakan kebun raya modern paling awal di dunia, yang mempraktikan nilai dari sebuah kebun, biasanya dikaitkan dengan keberadaan biara di mana tumbuhan dimanfaatkan untuk keperluan medis. Mereka memelihara kebun raya sebagai sebuah subjek akademik. Cara menumbuhkan tumbuhan dan manfaatnya dipraktikkan. Kebun raya lalu tersebar ke utara, diawali oleh Kebun Raya Universitas Oxford yang dibangun tahun 1621. Hingga periode ini, botani masih menjadi bagian dari ilmu kedokteran.

Ilmuwan Jerman Leonhart Fuchs (1501–1566) bersama dengan Otto Brunfels (1489–1534) dan Hieronymus Bock (1498–1554) mempelajari botani secara original tanpa meniru pendahulunya. Bahkan Bock membuat sistem klasifikasi tumbuhan sendiri.

Bidang Spesialisasi dalam Ilmu Botani.

  • Tanaman Anatomi: penelitian dari fitur dan pembentukan sel-sel dan jaringan.
  • Sitologi: penelitian rinci tentang anatomi tumbuhan berdasarkan berbagai fungsi, struktur dan sejarah kehidupan sel tumbuhan.
  • Ekologi: ilmu sains yang mempunyai hubungan antara tanaman dan lingkungan tumbuhan itu sendiri.
  • Morfologi: studi ilmiah tentang makroskopik tanaman dan siklus kehidupan, serta evolusi dan perkembangan akar, batang dan daun.
  • Fitokimia: studi ilmiah berfokus pada sisi kimia dari siklus hidup tanaman.
  • Ilmu teknologi pangan: studi berbagai bagian tanaman dan menentukan bagian yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi yang lanyak untuk dikonsumsi.
  • Ilmu Kehutanan: studi tentang pohon di hutan khususnya pengelolaan hutan dan pemanfaatan hasil hutan.
  • Hortikultura: produksi tanaman budidaya atau tanaman hias dan juga buah dan sayuran.
  • Ilmu Pertanian: ilmu pengetahuan dan pengelolaan tanaman untuk produksi makanan dan obat-obatan.
  • Tanaman Patologi: studi tentang penyakit yang ada di tanaman dan membuat penangkal yang tepat.

 

Sumber :

https://www.easyuni.co.id

https://id.wikipedia.org

 


Post Views: 1937


Leave a comment

Comments

Sitnur

Mbotani tanaman

1 year ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved