1 year ago, Posted by: satekso

Perbedaan Hewan dan Tumbuhan

Sebagai dua hal penting dalam kehidupan. Hewan dan tumbuhan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Tumbuhan sebagai penyedia oksigen dan beberapa keperluan lain, dan hewan sebagai kendaraan, makanan, atau fungsi lain. Sebagai hal yang dekat dengan kita, kita perlu mengetahui perbedaan antara hewan dan tumbuhan. Perbedaan hewan dan tumbuhan dapat dilihat pada cara hewan dan tumbuhan dalam bergerak, berkembangbiak, bernapas dan beberapa ciri tumbuhan dan hewan sebagai makhluk hidup. Berikut ini beberapa perbedaan hewan dan tumbuhan :
 

  • Hewan dapat berpindah tempat atau bergerak dengan cara berjalan, terbang dan berenang. Tumbuhan tidak dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.
  • Hewan berkembangbiak dengan cara melahirkan, bertelur, bertelur melahirkan, tunas, dan membelah diri. Tumbuhan berkembangbiak dengan menggunakan biji, tunas, stek, dan spora.
  • Hewan tidak bisa membuat makanan sendiri, hewan memperoleh makanan dari tumbuhan dan hewan lainnya. Tumbuhan dapat membuat makanannya sediri melalui fotosintesis. Hewan bersifat heterotrof, sedangkan pada tumbuhan bersifat autotrof dan heterotrof.
  • Hewan bernapas menggunakan paru-paru dan insang. Tumbuhan bernapas menggunakan stomata dan lentisel pada batang.
  • Kebanyakan hewan mempunyai sistem saraf dan dapat menanggapi rangsangan dengan cepat, sedangkan tumbuhan tidak mempunyai sistem saraf sehingga tanggapannya terhadap rangsangan lebih lambat.
  • Hewan tidak memiliki klorofil. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berguna untuk proses pembuatan makanan.
  • Berdasarkan susunan tubuhnya hewan mempunyai susunan tubuh dan sejumlah tipe organ yang tetap, sedangkan tumbuhan hidupnya menetap di suatu tempat dengan organ tubuh yang selalu berganti-ganti.

 

Sumber :

http://www.mikirbae.com

 


Post Views: 11632


Leave a comment

Comments

Nathan Favian chandra

Hahabaj

1 month ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved