1 year ago, Posted by: oknet02

Kiat-Kiat agar PKM-mu Lolos Seleksi DIKTI

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). PKM merupakan program yang memberikan pendanaan untuk proposal-proposal penelitian yang diajukan para mahasiswa dari seluruh Indonesia. Setiap tahunnya, terdapat ribuan proposal PKM yang diajukan ke Kemristekdikti. Ribuan proposal PKM tersebut nantinya akan diseleksi hingga akhirnya berhak untuk memperoleh pendanaan serta pendampingan untuk merealisasikan ide yang diajukan dalam proposal. Nah mau tau kiat-kiat agar PKM-mu bisa lolos seleksi DIKTI, simak tips berikut ini!

1. Buat ide dan judul yang original dan menarik

Salah satu faktor PKM dapat lolos seleksi adalah ide dan judul yang original dan memiliki kebaruan. Sehingga, ketika di cek di internet tidak ada yang menyamai. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ide yang kamu ajukan memiliki nilai kebaruan, semakin original ide yang diajukan maka peluang lolos seleksi tentu akan semakin besar. Maka, mulai dari jauh-jauh hari, perbanyak membaca jurnal serta artikel yang terkait dengan bidang PKM yang ingin kamu tekuni, mungkin dari seringnya kamu membaca pengetahuan baru maka akan muncil gagasan menarik yang orisinil untuk bisa kamu ajukan menjadi proposal PKM. Pastikan ide yang kamu ajukan tidak hanya memiliki keterbaruan, namun juga memiliki manfaat yang besar dan memiliki urgensi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada saat ini.

2. Perhatikan format penulisan PKM

Satu juri PKM bisa menyeleksi banyak sekali proposal PKM, untuk proses screening awal tentu yang benar-benar dilihat adalah format penulisan PKM, jika formatnya salah maka akan langsung dicoret entah sebagus apapun ide yang dituangkan. Maka dari itu, pastikan bahwa format penulisan PKM sesuai dengan pedoman baru dari Kemenristekdikti. Hal tersebut sangat penting dan harus dilakukan agar kemungkinan lolos didanai semakin tinggi. Kalian harus benar-benar mebaca secara terperinci seperti apa format dan isi yang diminta oleh Kemenristekdikti melalui pedoman PKM. Cek burang kali hingga kalian benar-benar yakin bahwa format penulisan PKM kalian sudah tepat karena sangat disayangkan jika kalian tidak lolos hanya karena kesalahan format penulisan, padahal ide yang kalian berikan sangat keren.

3. Pastikan sitasi dan daftar pustaka yang digunakan up to date

Pastikan kalian menggunakan sitasi atau daftar pustaka yang  tidak melewati 5 tahun terakhir. Daftar pustakan yang banyak dan up to date tentu akan memberikan nilai lebih pada proposalmu, semakin banyak dan semakin baru sitasi yang digunakan akan semakin meningkatkan peluangmu lolos PKM.

4. Buat proposal yang mudah diapahami

Kalimat yang digunakan dalam proposal PKM harus mudah dipahami oleh pembaca. Juri tentu akan menyeleksi banyak sekali proposal.  Sehingga, kemudahan pemahaman tulisan akan membantu juri untuk memahami maksud dari proposal PKM tersebut. Ide sebagus apapun tentu tidak akan dianggap wah jika cara kita salah dalam menyampaikan ide tersebut.

Nah, tertarik untuk buat PKM ? Pastikan tujuan awal kalian buat PKM tidak hanya agar bisa mendapat dana DIKTI, kemudian lolos PIMNAS dan dapat juara. Namun, pastikan PKM yang kalian ajukan benar-benar bisa memberi solusi pada permasalahan yang ada saat ini. Semangat para pejuang PKM!

Sumber :

http://news.unair.ac.id/2018/12/31/ingin-sukses-pkm-yuk-intip-tips-pkm-dari-peraih-medali-emas-pimnas-31/

https://www.hipwee.com/tips/7-tips-yang-akan-membantumu-lolos-pkm-dan-lepas-selamanya-dari-gelar-mahasiswa-biasa-saja


Post Views: 303


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved