1 year ago, Posted by: oknet02

Rekayasa Gen dengan CRISPR

Gen adalah bagian kromosom yang menjadi lokasi sifat-sifat keturunan. Gen merupakah hal yang unik pada organisme hidup yang menyebabkan tiap organisme bisa memiliki bentuk dan sifat yang berbeda-beda. Gen dapat diubah menggunakan teknik rekayasa gen. Rekayasa gen adalah manipulasi langsung gen suatu organisme menggunakan bioteknologi. Hal ini merupakan satu set teknologi yang digunakan untuk mengubah susunan genetik dari sel, termasuk transfer gen-gen yang berada dan melintasi batas-batas spesies untuk menghasilkan organisme yang unggul. Salah satu teknologi rekayasa gen yang paling canggih saat ini adalah CRISPR yang merupakan singkatan dari Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats.

CRISPR bekerja dengan cara mengubah genom. Genom adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki organisme hidup. Genom lah yang menetukan warna kulit, warna rambut, tinggi badan, dan karateristik pada tubuh seseorang. CRISPR dapat menemukan tempat tertentu di DNA, memotong sebagian kecil DNA, serta mengubah DNA tersebut. Teknologi ini dapat digunakan untuk memperbaiki mutasi genetik, memperbaiki hasil panen, dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit seperti kanker.

Mengapa CRISPR salah satu alat rekaya gen yang canggih ?

CRISPR merupakan alat yang canggih karena lebih tepat, lebih terjangkau, lebih dapat disesuaikan, dan lebih efisien daripada alat-alat rekayasa gen yang lain. CRISPR tidak perlu dipasangkan dengan beberapa enzim pemotong karena sistemnya menggunakan Cas9 yang fungsinya sebagai gunting molekular untuk memotong rantai DNA. Cas9 atau CRISPR-associated protein 9 adalah protein yang memiliki peran besar dalam sistem pertahanan bakteri melawan virus DNA. CRISPR lebih tepat dan lebih bisa disesuaikan karena ia bekerja dengan RNA pemandu yang memberitahu Cas9 harus pergi ke mana dan harus memotong gen yang mana. CRISPR sangat bisa deprogram karena RNA pemandu dapat dibuat dengan mudah. Cas9 juga bisa deprogram untuk menarget banyak gen pada waktu yang sama.

Bagaimana cara kerja CRISPR ?

Pertama, protein Cas9 dipasangkan dengan RNA pemandu yang membawa informasi tentang sekuen DNA yang menjadi target. Kompleks ini lalu mengikat target sekuen DNA dan memotong gen yang ditargetkan. Setelah itu, DNA bisa dimofidikasi dengan dua cara. Menggantikan sekuen yang telah dipotong dengan sekuen DNA baru yang telah diprogram atau mengandalkan mekanisme perbaikan DNA itu sendiri yang bisa menambah atau mengurangi materi genetik.

Kontroversi terkait CRISPR

Antara satu orang dengan orang lain memiliki genom yang berbeda. Jika CRISPR bisa digunakan secara sempurna untuk memotong dan merekayasa genom sesorang, hal ini mungkin tidak berfungsi dengan baik pada orang lain. Mungkin saja Cas9 tidak dapat memotong gen sama sekali. Atau yang lebih buruk lagi, CRISPR bisa memotong di tempat lain dalam genom yang sesuai dengan RNA pemandu. Konsekuensi yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

CRISPR sebaiknya difokuskan untuk mengubah sel somatik karena CRISPR bisa berdampak besar pada penderita kelainan genetik seperti down syndrome, talasemia, dan cystic fibrosis atau penderita penyakit yang disebabkan mutasi sel seperti kanker. Jika CRISPR digunakan untuk mengubah sel somatik, perubahannya hanya berdampak pada sel tersebut. Maka, perubahan itu tidak bisa diwariskan. Sebaliknya, rekayasa sel germline dapat diwariskan. Hal ini menyebabkan masalah tentang persetujuan; keturunan seseorang yang selnya direkayasa dengan CRISPR ikut terdampak, namun mereka tidak bisa memberikan persetujuan karena mereka belum lahir ketika keputusan itu dibuat.

Rekayasa sel germline dapat digunakan untuk mengubah manusia atau makhluk hidup lain sesuai dengan keinginan kita.  Walaupun rekayasa genetik memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit yang saat ini tidak bisa disembuhkan, namun seperti hal-nya operasi plastik yang menimbulkan kontroversi, rekayasa sel germline yang berpotensi juga digunakan untuk mengubah bentuk tubuh agar sesuai dengan standar kecantikan yang diingkan tentu juga akan menimbulkan kontroversi yang lebih besar lagi.Hal ini terkait juga dengan pertimbangan moral dan etika.

 

Sumber :

http://fst.unair.ac.id/crispr-teknologi-rekayasa-gen-tercanggih/

https://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_genetika

 

 


Post Views: 310


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved