1 year ago, Posted by: oknet02

'Bahan Kimia' harus dihindari ?

Kita sering kali menemukan pada produk kecantikan, makanan, atau minuman yang mengklaim produknya alami dan bebas bahan kimia atau chemical free. Bahan kimia di masyarakat masih memiliki konotasi negatif karena dianggap berbahaya bagi kesehatan. Namun, benarkah 'bahan kimia' seberbahaya itu ?

Sebenarnya apa sih bahan kimia itu ?

Bahan kimia sendiri sebenarnya berarti bahan yang terbentuk dari susunan unsur-unsur kimia yang ada pada table periodik. Segala sesuatu yang terbentuk dari proses perubahan materi adalah kimia, jadi sebenarnya semua bahan alam baik sayuran, buah-buahan, air (H20), oksigen itu juga adalah bahan kimia. Bahan kimia sendiri tidak hanya berasal dari alam, namun juga terdapat bahan kimia sintetik yang yang dibuat oleh manusia. Bahan kimia sintetik pun kebanyakan juga merupakan ekstrak yang diambil dari tumbuh-tumbuhan tertentu seperti misalnya senyawa pencegah kanker dari daun dadap serep.

Apakah benar bahan kimia itu berbahaya ?

Bahan kimia bisa saja berbahaya jika kita menggunakan tidak sesuai peruntukannya. Misal bensin adalah bahan kimia yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotr, tentu akan berbahaya jika kita konsumsi. Selain itu juga perlu diperhatikan dosis atau atauran dalam penggunaan bahan kimia, misalnya gula dan garam dalam kadar yang sesuai merupakan bahan yang aman, namun jika dikonsumsi berlebihan tentu berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit diabetes dan darah tinggi.

Bahan kimia buatan pun tidak selalu lebih buruk dari bahan kimia alami loh, obat-obatan sintetik buatan pabrik yang kita konsumsi untuk mengatasi penyakit merupakan bahan kimia buatan yang tentu memiliki manfaat positif untuk menyembuhkan penyakit kita karena telah diuji oleh orang-orang yang kompeten serta dosis bahan aktifnya telah disesuaikan, berbeda dengan obat tradisional yang bahannya dari alam, kebanyakan belum melakukan uji klinis sehingga dosis bahan aktifnya belum terukur secara pasti.

Persepsi bahwa semua 'bahan kimia' itu negatif sebenarnya harus diluruskan. Penggunaan dalam istilah makanan dan minuman serta obat-obatan herbal, kalimat "tanpa bahan kimia", bisa diganti dengan "tanpa bahan kimia buatan" maksudnya semua bahan berasal dari alam alias bukan buatan pabrik atau "tanpa bahan kimia berbahaya" artinya bahan kimia yang digunakan merupakan bahan kimia yang penggunaanya diperbolehkan oleh BPOM dengan aturan dan jumlah penggunaan yang tentu saja sesuai.

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/pendidikan/benarkah-bahan-kimia-pasti-berbahaya-untuk-kesehatan-tubuh-manusia.html

https://www.kompasiana.com/firstyarikha/59d342ff7fd6e71ff0484b32/benarkah-semua-yang-mengandung-kata-kimia-berbahaya


Post Views: 323


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved