1 year ago, Posted by: oknet02

Teknologi-Teknologi dalam Fiksi Ilmiah yang Jadi Kenyataan

Science Fiction (Sci-Fi) atau fiksi ilmiah adalah suatu genre fiksi spekulatif tentang sains dan teknologi, biasanya berlatar di masa depan. Sci-Fi ini juga disebut sebagai bentuk literasi dari berbagai ide atau gagasan tentang sains dan teknologi. Genre Sci-Fi banyak kita temukan di novel, film, dan video game, seperti pada karya-karya Jules Verne yang disebut sebagai bapak novel Sci-Fi karena banyak sekali menulis novel fiksi ilmiah seperti Journey to the Center of the Earth, 20.000 Leagues Under the Sea, From the Earth to the Moon, dan banyak lagi novel karangannya yang berbasis sains. Film-film Sci-Fi juga banyak sekali diminati masyarakat karena teknologi dan visualnya yg sangat menarik dan futuristik seperti Star Wars dengan perjalanan antar galaksinya, Interstellar dengan ide memindahkan populasi manusia ke planet lain, Iron Man dengan asisten kecerdasan buatan yang canggih bernama J.A.R.V.I.S, Back to the Future dengan mobil Delorean yang bisa melintasi waktu, juga banyak sekali film-film yang menampilkan teknologi canggih yang rasanya mustahil ada di jaman sekarang. Namun, ternyata banyak sekali teknologi-teknologi dari novel atau film Sci-Fi yang menginspirasi para ilmuwan untuk benar-benar merealisasikan teknologi tersebut ke dunia nyata, berikut beberapa teknologi rekaan fiksi ilmiah yang menjadi nyata :

1. Nautilus

Di dalam novel klasik berjudul 20.000 Leagues Under The Sea yang diterbitkan tahun 1987, Jules Verne menceritakan kisah Kapten Nemo menjelajahi dunia bawah laut dengan menggunakan kapal selam listrik raksasa yang bernama Nautilus.Pada tahun 1898, Simon Lake menciptakan Argonaut yaitu kapal selam laut lepas pertama di dunia. Ia terkagum-kagum dengan ide Jules Verne dan membuatnya menjadi nyata. Pencapaian ini diapresiasi oleh Jules Verne yang menulis ucapan selamat untuk Simon.

2. Perjalanan ke Bulan

Jules Verne menulis tentang apa yang hari ini disebut Lunar Modul, sebuah kapsul berbentuk kerucut yang sering digunakan untuk membawa awak penumpang dalam sebuah peluncuran roket. Dalam novelnya berjudul “From the Earth to the Moon”, ia menggambarkan sebuah “proyektil” yang bisa digunakan untuk membawa penumpang ke Bulan.

3. Lightsaber

Lightsaber adalah senjata milik Jedi pada film Star Wars berupa pedang laser yang bisa membakar apapun yang disentuhnya. Pedang laser ini sungguh ada di dunia nyata. Mahasiswa University of Southern California bernama Allen Pan telah bereksperimen ratusan kali sebelum akhirnya berhasil membuat Lightsaber. Api biru lurus seperti Lightsaber muncul dengan pengapian nikrom dan metanol, aseton, serta butana sebagai bahan bakar.

4. Big Brother

Big Brother adalah tokoh dalam novel 1984 karya George Orwell. Ia adalah pemimpin Oceania, negara totaliter yang penuh pengawasan, misinformasi, dan propaganda. Layar TV digunakan untuk mengamati setiap gerak gerik seseorang sehingga pemerintah memiliki kontrol penuh dan privasi menghilang. Pada 1942, berselang tiga tahun sejak novel Orwell diterbitkan, CCTV pertama kali digunakan untuk mengawasi peluncuran roket V2 di Jerman. Kini, teknologi pengintai sudah berkembang pesat. Banyak kamera pengintai berukuran kecil, bahkan didesain seperti sekrup. Tak hanya itu, sistem pengenal wajah juga dipasang untuk mengidentifikasi wajah. Saking canggihnya teknologi pengintai, Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat malah diisukan melakukan pengintaian global yang mengawasi manusia di seluruh dunia.

5. Smart Glasses

Pada film Back to the Future II (1989) menampilkan Marty McFly yang menjelajah waktu ke tahun 2015. Ia memakai kacamata hitam besar yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan menonton TV. Teknologi ini ternyata menjadi nyata 2 tahun lebih awal daripada prediksinya. Pada tahun 2013, Google mengeluarkan produk baru, yaitu Google Glass. Kacamata pintar ini berfungsi seperti ponsel, bisa digunakan untuk menelepon, menampilkan cuaca, melihat foto, mengambil gambar dan video, dan masih banyak lagi.

 

Sumber :

http://fst.unair.ac.id/5-teknologi-yang-diprediksi-fiksi-ilmiah/


Post Views: 360


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved