1 year ago, Posted by: oknet02

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengonsumsi Air Keran Siap Minum

Tap water adalah sistem penyediaan air bersih satu pipa. Berbeda dengan saluran air bersih biasa, tap water memiliki sistem yang lebih modern sehingga dapat diminum langsung. Sistem saluran air ini biasa diterapkan di sejumlah negara maju seperti Singapura, Jepang, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, PDAM Tirta Dharma di Kota Malang mungkin merupakan satu-satunya perusahaan air yang mendistribusikan air keran siap minum dalam skala kota. PDAM ini menyalurkan air minum ke 159.765 rumah. Jumlah tersebut setara dengan 85 persen area kota.

Pemerintah juga berencana menggunakan sistem tap water atau keran air siap minum sebagai sistem penyediaan air di ibu kota baru di Kalimantan nanti. Nah, meski diklaim aman untuk diminum langsung, tidak menutup kemungkinan jika tap water masih menyimpan kadar klorin tinggi atau kandungan berbahaya lain. Berikut langkah yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumi tap water.

1. Jangan gunakan saat air pipa saat kondisi panas !

Air pipa yang aman dipakai untuk memasak adalah yang memiliki temperatur rendah hingga normal. Jika temperatur air pipa cenderung tinggi, besar kemungkinan air itu mengandung kadar timbal tinggi. Jadi, tunggu dulu hingga suhu air menjadi rendah atau normal sebelum meminum atau menggunakan air pipa untuk memasak.

2. Hilangkan klorin dengan cara merebus air !

Merebus air hingga mendidih dapat mengurangi kadar klorin pada air pipa. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan kadar mineral dalam air menjadi berkurang.

3. Filter dengan alat pemurni air !

Alat pemurni air tidak hanya dapat menjernih air, namun juga bisa menyaring kadar klorin dalam air. Alat ini menyaring air pipa melalui membran serat dan karbon, sehingga zat klorin di dalamnya bisa tertahan.

Namun, sebaiknya pemerintah menerapakan uji kualitas yang ketat terkait distribusi air pipa siap minum ini, seperti di negara Jepang yang melalukakan uji kualitas ketat. Pengujian meliputi uji kandungan residu klorin dan menghilangkan zat radioaktif selama proses pemurnian. Uji kualitas dilakukan secara berkala oleh Biro Pekerjaan Air Pemerintah Metropolitan Tokyo. Hasil pengujian juga terbuka untuk umum. Sehingga masyarakat bisa lebih tenang dan tidak was-was dalam menggunakan tap water sebagai air konsumsi sehari-hari.

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/dunia/ini-yang-harus-diperhatikan-sebelum-konsumsi-air-keran-siap-minum.html


Post Views: 291


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved