1 year ago, Posted by: oknet02

Jenis-Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi

Jamur merupakan bahan makanan yang masuk kategori sayuran namun memiliki nutrisi layaknya daging, kacang-kacang-an dan biji-bijian. Jamur banyak disukai, khususnya bagi para vegan karena memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan daging. Namun sayangnya, tidak semua jamur bisa dimakan, ada beberapa jamur beracun yang berbahaya jika dikonsumsi manusia. Nah, berikut ini beberapa jenis jamur yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi.

1. Jamur Tiram

Jamur tiram adalah jamur yang paling sering dijumpai di pasar atau supermarket. Bentuknya putih, lebar, bergerombol seperti payung, dan menyerupai cangkang tiram. Jamur ini biasanya diolah menjadi hidangan jamur crispy yang renyah dan gurih.

2. Jamur Merang

Jamur berbentuk bulat telur ini tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Selain itu rasanya enak dan gurih. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur. Jamur merang dapat dimanfaatkan untuk masakan sederhana seperti oseng-oseng atau tumis jamur merang.

3. Jamur Shitake

Jamur shitake memiliki warna beige atau cokelat gelap. Jamur ini banyak dipakai dalam masakan Jepang seperti udon seafood. Namun untuk mengonsumsi jamur shitake, perlu diwaspadai karena jamur ini mirip dengan jamur beracun ‘Omphalotus guepiniformis’. Jadi bila ingin membeli jamur shitake, sebaiknya lebih teliti karena kedua jamur ini sangat mirip.

4. Jamur Kuping

Jamur kuping berwarna coklat dan terlihat nampak basah. Bentuknya tipis dan kenyal dan biasanya dijual dalam dua bentuk, basah ataupun kering. Jamur kuping kering memiliki bentuk yang lebih menyusut dan keras dan perlu direndam terlebih dahulu kedalam air sebelum dikonsumsi. Jamur ini biasanya dimasak sebagai salah satu isi dalam sup.

5. Jamur Enoki

Jamur Enoki adalah satu dari macam-macam jamur yang memiliki aroma buah-buahan. Bentuknya panjang, batangnya putih dan bisa dimakan mentah, dimasukkan ke dalam sup atau dicampurkan dalam berbagai jenis makanan.

6. Jamur Portobello

Jamur portobello merupakan jenis jamur besar. Selain tebal, jamur berwarna kecokelatan ini payungnya bisa mencapai 13 cm. Aroma jamur cukup kuat dibandingkan jamur jenis lainnya. Saat membeli pilih yang warna cokelatnya merata dengan tangkai jamur yang kuat. Belum menyusut atau kering.Jamur ini bisa dipanggang, dibakar, ditumis atau dijadikan isian burger. Karena teksturnya tebal dan juicy, jamur ini sering disebut mirip daging sapi.

7. Jamur Kancing

Jamur kancing yang telah matang warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Jamur kancing kaya kandungan vitamin B, selenium, tembaga, potassium, kaya nutrisi dan serat lainnya. Penderita diabetes tidak disarankan makan jamur ini karena dapat menyebabkan gatal.

8. Jamur White Truffle

Jamur White truffle sendiri merupakan salah satu jamur termahal yang ada di dunia. Di pameran White Truffle di Alba, Piedmont, harga rata-rata harga jamur ini mencapai 6 ribu euro per kg. Jika dirupiahkan, 6 ribu euro kurang lebih sekitar Rp 102 juta. Jamur ini biasan disajikan di restoran-restoran mewah dengan harga makanan yang fantastis.

Nah, itu dia beberapa jenis jamur yang bisa dimakan. Sayangnya, kadang beberapa supermarket masih salah dalam pemberian nama jamur karena bentuknya yang hampir mirip. Namun, jangan khawatir supermarket tentu saja menjual jamur-jamur yang aman dikonsumsi. Namun, perlu diperhatikan pengolahan jamur ini sesuai dengan karakteristik jamurnya agar rasa masakan yang dihasilkan enak serta nutrisi yang ada dalam jamur tidak banyak yang hilang.

Sumber :

https://www.liputan6.com/health/read/3870281/macam-macam-jamur-yang-bisa-dimakan-tidak-beracun-dan-lezat-dibuat-camila


Post Views: 999


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved