1 year ago, Posted by: oknet02

Benalu, Si Parasit yang Berpotensi jadi Tanaman Obat

Benalu dikenal sebagai jenis tumbuhan parasit karena benalu menyerap makanan dari pohon inangnya sehingga merugikan inangnya, jika dibiarkan benalu dapat bertambah banyak dan dapat menyebabkan tumbuhan inangnya kurus dan pada akhirnya kering dan tumbuhan inangnya mati. Benalu banyak menyerang dan merusak pohon-pohon besar di daerah tropis seperti pohon mangga, pohon jeruk, pohon jati, dan banyak tanaman lainnya.

Namun, siapa sangka si tanaman yang dianggap parasit ini memiliki potensi untuk dijadikan tanaman obat. Penelitian yang telah dilakukan Dr. Sucipto Hariyanto, DEA., dosen Biologi Universitas Airlangga (UNAIR), menyebutkan bahwa beberapa jenis tanaman benalu ternyata memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Dosen biologi ini mengungkapkan bahwa bagian haustorium pada tanaman benalu dapat bermanfaat sebagai obat. Haustorium sendiri merupakan bagian benalu yang menempel pada inangnya, bagian ini terlihat membengkak dan memiliki bentuk unik.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa benalu teh (Scurrula oortiana) menjadi salah satu tumbuhan yang telah diajukan sebagai fitofarmaka antikanker. Benalu teh juga bermanfaat sebagai anti malaria. Selain itu, ekstrak benalu yang hidup di pohon jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit ambien dan diare. Jenis benalu lain yaitu benalu kapas juga berpotensi sebagai bahan anti mikroba alami untuk pangan. Sehingga pangan yang memiliki kadar air tinggi serat dapat dikembangkan menjadi pangan fungsional.

Dr. Sucipto namun memperingatkan bahwa tidak semua jenis benalu dapat digunakan sebagai obat, sehingga pengetahuan mengenai jenis-jenis benalu sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemanfaatannya.

Sumber :

http://fst.unair.ac.id/dikenal-sebagai-parasit-benalu-berpotensi-sebagai-tanaman-obat/

 


Post Views: 393


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved