1 year ago, Posted by: oknet02

Apa sih Stem Cells itu ?

Sel-sel di tubuh manusia umumnya mempunyai fungsi atau pekerjaan yang spesifik / khusus.Sedangkan, stem cell atau sel punca ini sendiri adalah sel yang belum mempunyai tugas spesifik dan dapat menjadi hampir semua jenis sel sesuai fungsi yang dibutuhkan. Sel punca adalah sel yang belum terdiferensiasi sehingga dapat berubah menjadi sel khusus sesuai yang dibutuhkan tubuh. Para ilmuwan dan dokter tertarik pada sel punca karena mereka membantu menjelaskan bagaimana beberapa fungsi tubuh bekerja, dan bagaimana mereka terkadang gagal bekerja. Sel punca juga menunjukkan kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit yang saat ini belum ada obatnya.

Sel punca berasal dari dua sumber utama yaitu jaringan tubuh dewasa dan embrio. Para ilmuwan juga melakukan penelitian untuk mengembangkan sel punca dari sel lain dengan menggunakan teknik "pemrograman ulang" genetik.

Sel punca itu sendiri tidak memiliki fungsi apapun dalam tubuh tetapi penting karena beberapa alasan. Pertama, dengan stimulasi yang tepat, banyak sel punca dapat mengambil peran dari semua jenis sel, dan mereka dapat meregenerasi jaringan yang rusak, di bawah kondisi yang tepat. Potensi ini bisa menyelamatkan nyawa atau memperbaiki luka dan kerusakan jaringan pada orang akibat penyakit atau cedera. Para ilmuwan memperkirakan akan banyak kegunaan yang mungkin dikembangkan dengan sel punca.

Sel punca tidak hanya bermanfaat untuk terapi berbagai penyakit tetapi juga untuk tujuan penelitian. Sebagai contoh, para ilmuwan telah menemukan bahwa menghidupkan atau mematikan gen tertentu dapat menyebabka gen tersebut berdiferensiasi. Hal ini membantu mereka untuk menyelidiki gen dan mutasi yang mana yang meneybebakan suatu efek terjadi .Berbekal pengetahuan ini, ilmuwan mungkin dapat menemukan apa yang menyebabkan berbagai macam kondisi dan penyakit yang beberapa di antaranya belum memiliki obat. Pembelahan dan diferensiasi sel yang abnormal menjadi penyebab kanker dan cacat bawaan yang muncul sejak lahir. Mengetahui apa yang menyebabkan sel membelah dengan cara yang salah dapat membantu ilmuwan untuk menciptakan treatment atau obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Sel punca juga dapat membantu dalam pengembangan obat baru. Alih-alih menguji obat pada sukarelawan manusia, para ilmuwan dapat menilai bagaimana obat mempengaruhi jaringan yang sehat dan normal dengan mengujinya pada jaringan yang tumbuh dari sel punca.

Sumber :

www.medicalnewstoday.com/articles/323343


Post Views: 310


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved