1 year ago, Posted by: oknet02

Potensi Mikroalga sebagai Sumber Produksi Biodiesel di Indonesia

Mikroalga adalah mikroorganisme fotosintetik yang dapat menghasilkan karbohidrat dan asam lemak yang tinggi melalui proses esterfikasi. Asam lemak yang dihasilkan mikroalga memiliki potensi untuk dikonversi menjadi biodesel. Potensi mikroalga ini sangat menjanjikan bagi Indonesia karena Indonesia memiliki keanekaragaman mikroalga yang tinggi. Sayangnya, pemanfaatan mikroalga di Indonesia masih belum maksimal.

Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga, Prof. Dr. Purkan, S.Si., M.Si. berinisiatif melakukan penelitian untuk menyingkap potensi mikroalga di Indonesia yang dapat digunakan sebagai sumber produksi biodiesel. Prof. Purkan menjelaskan bahwa Mikroalga berpotensi sebagai sumber produksi biodiesel karena memiliki keunggulan seperti pertumbuhannya cepat, produktivitasnya tinggi, tidak memerlukan lahan yang luas dalam pembiakannya, dan dapat menggunakan air untuk nutrisi tumbuh. Di samping itu, penggunaannya tidak mangganggu pasokan pangan, karena mikroalga tidak berkompetisi dengan bahan pangan.

Beliau juga menjelaskan bahwa Chlorella vulgaris, adalah jenis mikroalga yang banyak ditemukan di perairan Indonesia yang potensinya dalam memproduksi biodiesel masih belum dikembangkan. Mikroalga Chlorella vulgaris ditumbuhkan dalam media DG11 dengan suplai CO2. Optimasi media dan kondisi fermentasi dilakukan, sehingga fermentasinya dapat menghasilkan biomassa dengan kandungan asam lemak yang tinggi. Biomassa Chlorella vulgaris strain lokal dapat menghasilkan lipid dengan kadar cukup tinggi, yaitu sebesar 31%, ketika diekstrak dengan pelarut campuran n-heksan-etanol (1:1). Analisis dengan GC-MS dapat diketahui bahwa kandungan lipid pada Chlorella vulgaris tersusun atas asam lemak dominan, yaitu asam pentadekanoat, asam heksadekanoat, asam heptadekanoat, asam stearat dan asam nonadekanoat.

Penelitian Prof. Purkan membuktikan bahwa mikroalga yang banyak terdapat di perairan Indonesia bisa dikembangkan untuk menjadi sumber produksi biodiesel sehingga dapat membantu pasokan energi alternatif terhadap bahan bakar fosil. Ketahanan energi menjadi salah satu isu nasional yang marak dibicarakan di Indonesia, sehingga perlu mendapat perhatian dari semua komponen bangsa, sehingga skala produksi biodiesel secara pilot plant dan industri perlu didukung oleh pemerintah baik kebijakan atau penyediaan sarana- prasarana yang memadai karena potensinya yang sangat besar bagi Indonesia.

Sumber :

http://fst.unair.ac.id/dosen-unair-mikroalga-di-indonesia-berpotensi-sebagai-sumber-produksi-biodiesel/


Post Views: 343


Leave a comment

Comments

Karma Seaborn

Hi See our big offer for all products: womens clothing. The best offer on the market. Best price and fast delivery. https://is.gd/DB2G1a

7 months ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved