2 months ago, Posted by: oknet02

Masa Depan Pembayaran Digital Nirsentuh, Mungkinkah?

Mastercard, perusahaan teknologi global dalam dunia pembayaran mengumumkan akan menerapkan teknologi-teknologi quantum-resistant terbaru untuk pembayaran nirsentuh generasi selanjutnya. Tujuannya, agar konsumen dapat terus menikmati keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi untuk beberapa dekade ke depan.

"Nirsentuh adalah masa kini dan masa depan dari pembayaran secara langsung. Tahun 2020 telah mendorong akselerasi digitalisasi yang cepat dan memperkuat pentingnya solusi-solusi digital, seperti nirsentuh untuk membantu memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,” kata President Cyber & Intelligence Mastercard, Ajay Bhalla, Selasa (2/2/2021).

Menurut Bhalla, spesifikasi Enhanced Contactless (Ecos) yang baru adalah yang pertama di industri dan akan membantu memastikan teknologi nirsentuh bertahan di masa depan seiring perkembangan lanskap digital yang dinamis, dan diperkenalkannya teknologi-teknologi baru seperti komputasi kuantum.

Dia menambahkan, dengan teknologi inio, permintaan untuk cara pembayaran yang lebih cepat, nyaman, aman, dan bersih telah mendorong transisi ke pembayaran nirsentuh. Tren ini akan terus berkembang. Bahkan, pada kuartal ketiga 2020, penetrasi nirsentuh mewakili 41 persen dari transaksi pembelian secara langsung secara global, naik 30 persen dari tahun sebelumnya.

"Karena ekosistem yang terus berkembang, lebih banyak perangkat yang akan terkoneksi dan Internet of Things (IoT) akan menciptakan lebih banyak permintaan dari pengguna, dan bahkan kebutuhan yang lebih besar untuk terus berinovasi guna membangun kemampuan generasi selanjutnya, dan membantu memastikan bahwa teknologi dapat terus diandalkan,” jelasnya.

Bhalla menuturkan, dengan Ecos, konsumen, pedagang, dan institusi finansial akan mendapatkan manfaat, pertama, kenyamanan ditingkatkan. Seiring waktu, Mastercard membayangkan pengalaman berbelanja di toko akan berkembang menjadi hanya nirsentuh. Spesifikasi baru ini akan membantu memastikan setiap perangkat akan dapat menjadi alat pembayaran, serta menghilangkan kebutuhan untuk menggesek atau memasukkan kartu.

Kedua, kepercayaan ditingkatkan. Ecos memanfaatkan teknologi quantum-resistant baru untuk menghadiran algoritma generasi selanjutnya dan kekuatan kunci dari kriptografi sekaligus menjaga interaksi nirsentuh di bawah setengah detik.

Ketiga, privasi ditingkatkan. Spesifikasi baru ini akan memberikan perlindungan yang lebih baik ketika informasi rekening dibagikan di antara kartu atau dompet digital, dan terminal pembayaran. Ecos dibuat berdasarkan peningkatan persyaratan untuk mendukung berbagai peraturan privasi.

"Saat spesifikasi baru ini diaktifkan dalam beberapa tahun mendatang, konsumen dan pedagang dapat mengharapkan proses transaksi yang lebih baik. Dompet digital, mobile payment, kartu nirsentuh dan terminal tempat pembayaran akan terus bekerja seperti saat ini,” ungkap Bhalla.

Bhalla menambahkan, kompatibilitas Ecos dan spesifikasi nirsentuh saat ini sangat sederhana. Ecos bekerja dibalik layar dan dikirim melalui pembaruan perangkat lunak, artinya tidak membutuhkan terminal atau perangkat keras baru.

"Investasi ini melengkapi hal yang sama dalam tokenisasi, 3-D Secure dan Click to Pay, yang dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen dan pedagang,” imbuh Bhalla.

Sumber: Beritasatu


Post Views: 64


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved