2 months ago, Posted by: oknet02

Teknologi Jadi Alat Bantu Pembentukan Karakter Anak

Menurut hasil riset Alvara research facility, di Indonesia, terdapat kenaikan yang sangat signifikan terkait konsumsi internet masyarakat pada Juni 2020.

Dalam satu hari, waktu pengguna dalam mengakses internet meningkat dari empat hingga enam jam per hari, menjadi lebih dari tujuh dalam per hari.

Kalangan remaja atau Generasi Z menjadi kelompok masyarakat yang mendominasi pengguna internet di Indonesia.

Dengan fenomena ini, maka patut menjadi perhatian bagi orangtua untuk turut berperan membimbing aktivitas anak di dunia maya.

"Literasi digital yang dimiliki kaum remaja (atau generasi Z) pada hari ini adalah aset yang sangat besar dalam cita-cita membangun sumber daya manusia unggul di masa depan,” jelas Hendarman, Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam acara peluncuran Toolkit Keamanan Keluarga TikTok dengan tema, "Peran Orangtua Ciptakan Lingkungan Siber Aman" yang diikuti Grid.ID pada Selasa (10/2/2021).

Dalam momen Hari Internet Aman Sedunia 2021 ini, Hendarman juga mengajak untuk terus menciptakan karakter generasi cerdas yang maju.

“Bersama-sama kita akan mewujudkan generasi cerdas berkarakter Indonesia yang maju bermartabat dan merujuk Pancasila," lanjut Hendarman.

Menurutnya, teknologi bisa menjadi salah satu alat bantu bagi orangtua untuk membentuk karakter.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang sama.

"Teknologi merupakan alat bantu bagi kita untuk penguatan karakter. Diperlukan pemahaman yang sama, itu semua bisa dimulai kalau kita mengedukasikan dan kemudian saling berkomunikasi,” jelasnya.

Akan tetapi, ia masih menyadari bahwa tidak semua teknologi dipahami.

“Mungkin ada teknologi yang tidak dipahami semua, karena belum tentu orangtua di daerah timur akan sama dengan kita mungkin, ya. Jangankan itu, yang di Jakarta aja belum tentu sama semua orangtua,” tutup Hendarman.

Sumber: gridid


Post Views: 105


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved