1 month ago, Posted by: oknet02

Jokowi minta kaidah sains jadi patokan dapatkan vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah harus bergerak cepat dalam mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19).

Pasalnya ketersediaan vaksin di tengah pandemi Covid-19 saat ini menjadi penting. Tidak hanya bagi Indonesia, seluruh negara di dunia pun berlomba untuk mendapatkan vaksin.

"Kita tahu, ini semuanya kejar-kejaran vaksin agar warga mereka bisa pulih, ekonominya bangkit," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Senin (26/10).

Indonesia pun saat ini telah menjalin kerja sama dengan sejumlah produsen vaksin yang saat ini tengah melakukan pengujian. Jokowi menegaskan, unsur sains tetap menjadi patokan dalam penentuan vaksin yang digunakan.

Pemerintah telah mempersiapkan perencanaan dengan memperhatikan berbagai aspek. Dalam pengantar tersebut, Jokowi juga menekankan keamanan dan efektivitas dari vaksin yang akan digunakan.

"Hati-hati, jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi sehingga kita kaidah-kaidah saintifik, data-data kesehatan dinomorduakan, tidak bisa," tegas Jokowi.

Oleh karena itu kaidah sains digunakan untuk memastikan vaksin aman disuntikkan kepada manusia. Kaidah tersebut dibuktikan dengan proses pengujian yang sesuai dengan standar.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19. Sejak kasus pertama pada Maret lalu, angka pasien positif Covid-19 terus bertambah.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 hingga Minggu (25/10) terdapat 389.712 kasus positif di Indonesia. Dari angka tersebut terdapat 313.764 kasus sembuh dan 13.299 kasus meninggal dunia.

Sumber: kontan


Post Views: 63


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved