3 years ago, Posted by: satekso

Mengenal Penghargaan Nobel, Penghargaan Tertinggi di Berbagai Bidang.

Jika kita membahas tentang penghargaan Nobel yang digadang-gadang sebagai penghargaan tertinggi di berbagai disiplin ilmu pasti akan ada beberapa pertanyaan yang muncul terutama untuk orang-orang awam. Apa peghargaan Nobel itu? Apa saja bidang yang termasuk dalam pernghargaan nobel? Dan ada beberapa pertanyaan lainnya yang saya kira masih banyak. Penghargaan nobel sendiri memang cenderung akrab dengan kalangan akademisi, orang-orang awam biasa akan cenderung tidak tahu atau tahu hanya seputar nama-nama siapa saja yang menerima penghargaan nobel tahun ini. Oleh karena itu mari kita mengenal Penghargaan Nobel ( Nobel Prize ) lebih dekat.

Asal sejarah penghargaan nobel

Dikutip dari Wikipedia, asal muasal sejarah penghargaan nobel adalah seorang industrialis sekaligus juga penemu dinamit bernama Alfred Nobel dari Swedia yang pada akhir hidupnya mewasiatkan untuk memberi sebuah penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada orang-orang yang memiliki penemuan besar dan penting bagi umat manusia di berbagai bidang. Penghargaan nobel diberikan secara turun menurun oleh keluarganya hingga saat ini dan di anugerahkan oleh Raja Swedia setiap tanggal 10 desember setiap tahunnya yang merupakan tanggal wafatnya Alfred Nobel sendiri.

Bidang apa saja yang berhak mendapat penghargaan nobel

Penghargaan nobel meliputi beberapa bidang antara lain bidang fisika, kimia, fisiologi/kedokteran, sastra, dan perdamaian. Ada satu lagi bidang yang diberi bersamaan dengan penghargaan nobel akan tetapi bukan termasuk pernghargaan yang diinginkan Nobel untuk diwariskan yaitu di bidang ilmu sosial. Beberapa peghargaan ini sudah terkhusus yang dapat menerima penghargaan nobel, tidak akan ada tambahan bidang lain. Beberapa bidang ini akan diawasi komite-komite khusus melalui instansi-instansi yang telah dipercayai Alfred Nobel sejak dahulu.

Penghargaan nobel di anggap sebagai apresiasi tertinggi bagi pihak-pihak yang telah berjasa besar bagi dunia dan umat manusia. Dan nama-nama penerima pengharagaan nobel akan ditunggu oleh seluruh dunia setiap tahunnya. Salam pengetahuan.

Sumber :

https://www.nobelprize.org

https://en.wikipedia.org

 


Post Views: 605


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved