3 years ago, Posted by: satekso

Tentang 3 Fisikawan Penerima Penghargaan Nobel Di Bidang Fisika Tahun 2018

Bulan oktober selalu identik dengan pengumuman penerima penghargaan nobel, tak terkecuali untuk tahun 2018 ini. Awal Oktober lalu secara berangsur diumumkan siapa saja penerima nobel tahun ini. Di bidang fisika sendiri diumumkan pada tanggal 2 Oktober 2018, penerima penghargaan nobel tahun ini adalah 3 fisikawan yang memiliki penemuan-penemuan di bidang optika khususnya laser. 3 orang fisikawan itu adalah Arthur Ashkin dari Amerika Serikat, Gérard Mourou dari Perancis dan Donna Strickland dari Kanada. Dalam artikel akan dibahas sedikit tentang mereka beserta penemuannya.

 Arthur Ashkin

Arthur Ashkin lahir  pada tanggal 2 September 1922 di  New York, Amerika Serikat. Saat ini Arthur Ashkin tinggal di Rumson, New Jersey. Arthur Ashkin di anugerahi penghargaan nobel karena penemuannya pada tahun 1986 yaitu sebuah “pinset optik” yang memanfaatkan tekanan radiasi dari laser untuk menangkap dan memindahkan benda mikropartikel. Alat ini akan memudahkan peneliti untuk memanipulasi bendak mikro untuk di teliti lebih lanjut.  Penemuan ini di dapatnya saat masih bekerja di Laboratorium Bell. Arthur Ashkin menerima ½ dari penghargaan nobel.

Gérard Mourou dan Donna Strickland

Gérard Mourou lahir pada tanggal 22 Juni 1944 di Albertville, Prancis dan Donna Strickland  lahir pada tanggal 27 Mei 1959 di Guelph, Kanada. Gérard Mourou dan Donna Strickland merupakan sepasang guru dan murid yang di anugerahi nobel sebanyak masing-masing ¼ bagian karena penemuannya tentang Chirped Pulse Amplification (CPA) yaitu sebuah metode untuk menghasilkan laser dengan sinyal ultra-pendek namun berintensitas tinggi. Penemuan ini memiliki aplikasi yang sangat bermanfaat dan luas terutama untuk proses operasi mata saat ini. Donna Strickland sendiri adalah murid doktoral dari Gerard Mourou saat di Universitas Rochester pada tahun 1977. Saat ini Gerard Mourou masih mengajar di École Polytechnique, Palaiseau, Prancis dan Donna Strickland menjadi profesor di Universitas Waterloo, Waterloo, Kanada.

Sebagai penerima nobel yang notabenenya adalah penghargaan tertinggi di dunia. Kapabilitas dan kemampuan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi dan jasanya bagi ilmu pengetahuan sangatlah besar.

Sumber :

https://sains[dot]kompas[dot]com

https://www.nobelprize[dot]org

https://en.wikipedia[dot]org


Post Views: 661


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved