2 years ago, Posted by: oknet02

Apa sih Manfaat Tanaman Mangrove itu ?

Kita tahu kan di era industri saat ini banyak sekali emisi karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam menjadi faktor utama penyebab semakin banyaknya emisi karbon di bumi kita. Sebagai contoh, pada tahun 2014 penggunaan bahan bakar fosil dan pembuatan semen dapat melepaskan hingga 9,9 miliar ton CO2. Para ilmuwan juga telah memperingkatkan dampak dari emisi karbon yang berlebih yaitu menyebabkan suhu bumi yang semakin naik yang akibatnya bisa terjadi perubahan iklim, es di kutub mencair, kebakaran hutan, serta bisa merusak ekosistem di darat maupun di laut. Nah, tentu kita sebagai manusia ngga pengen dong hal-hal buruk itu terjadi. Nah, ada satu nih tanaman yang bermanfaat banget buat membantu mengurangi polusi akibat emisi karbon, tanaman itu adalah... mangrove. Iya mangrove, makanya sekarang banyak sekali kan digalakkan penanaman mangrove di banyak pantai di Indonesia.

Apa sih mangrove itu ?

Hutan mangrove atau yang lebih dikenal dengan nama hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di kawasan air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Indonesia merupakan negara kepulauan sekaligus negara tropis yang mempunyai garis pantai yang sangat sangat panjang dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Luas hutan mangrove di Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Mangrove tumbuh dengan baik di tempat-tempat yang mengandung bahan-bahan organik tinggi. Misalnya di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak maupun disekitar muara sungai di mana laju air disekitar muara melambat sehingga mengendapkan lumpur yang dibawa dari hulu.

Bagaimana mangrove bisa mengurangi polusi ?

Tentu kita tahu bahwa tumbuhan melakukan proses fotosintesis dimana ia menyerap karbon yang ada di udara lalu ditambah air dari tanah kemudian diubah jadi oksigen dan glukosa, nah proses fotosintesis ini terjadinya di bagian daun tumbuhan. Mangrove sendiri memiliki banyak daun sehingga memiliki potensi untuk menyerap karbon lebih banyak dibandingkan tumbuhan lain. Selain itu, habitat mangrove yang tumbuh pada tanah gambut, memungkinkan penyimpanan karbon lebih besar daripada yang ada di atas permukaan. .Penyerapan emisi gas karbon pada mangrove juga lebih maksimal karena memiliki sistem akar napas dan keunikan struktur tumbuhan pantai. Banyak penelitian yang menyebutkan 1 hektar mangrove dapat menyerap 39,75 juta ton CO2 pertahun. emisi  setara 59 sepeda motor per tahun atau 1,6  juta batang rokok setiap tahunnya.

Nah ayo kita lestarikan hutan-hutan bakau yang ada di dunia demi keberlanjutan hidup manusia di bumi ini !

Sumber :

http://fst.unair.ac.id/mangrove-memberi-manfaat-atau-sebaliknya/

 


Post Views: 462


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved