5 months ago, Posted by: oknet02

Cara Berhenti Merokok Menurut Sains

Bukan suatu rahasia bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan paru-paru. Berbagai risiko kesehatan akibat merokok pun tertera dalam kemasan rokok sebagai peringatan bagi konsumen. Meski telah mengetahui bahayanya bagi kesehatan, berhenti merokok, bagi banyak orang, bukanlah perkara yang mudah.

Ada beberapa cara berhenti merokok menurut sains yang dapat dipraktikkan dan mungkin akan menolong dari kecanduan. Dilansir dari Johnson & Johnson, Robert Reid, Ph.D., MBA, Wakil Kepala Divisi Pencegahan dan Rehabilitasi di University of Ottawa Heart Institute memberikan beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan merokok.

1. Tetapkan tujuan jangka pendek dengan hasil jangka panjang

Menurut Reid, ide untuk berhenti merokok bisa jadi menakutkan karena banyak orang yang tidak bisa membayangkan hidupnya tanpa merokok. Oleh sebab itu, Reid menyarankan untuk menetapkan tujuan jangka pendek yang fokus untuk mengurangi kebiasaan merokok. “Misalnya, cobalah untuk tidak merokok sama sekali dalam satu hari atau 50 persen lebih sedikit dari hari sebelumnya. Kemudian, tingkatkan secara bertahap,” ujar Reid. Reid mengatakan, jika seorang perokok berhasil untuk tidak merokok selama 30 hari, maka kemungkinan ia akan bebas rokok selama satu tahun ke depan.

2. Sadari alasan merokok

Setelah memiliki tujuan jangka pendek, lakukan pemantauan diri dengan mencatat kapan biasanya merokok, dengan siapa, atau suasana hati seperti apa yang menyebabkan ingin merokok.

Informasi ini akan membantu mengidentifikasi alasan yang mendorong keinginan merokok untuk kemudian dihindari. Meski demikian, Reid mengatakan bahwa ini tidak selalu berhasil. Menurut Reid, yang paling utama adalah bagaimana perokok dapat mengelola keinginan untuk merokok ketika ia berhadapan dengan pemicunya.

3. Cari pengganti rokok

“Pikirkan beberapa hal yang akan Anda lakukan untuk menggantikan peran rokok,” kata Reid. Jika biasanya rokok digunakan sebagai pelampian stres, mungkin relaksasi seperti yoga atau meditasi bisa menggantikannya. Reid juga menyarankan untuk mencari hal-hal baru yang membuat seseorang teralihkan dari keinginan merokok.

4. Terapi pengganti nikotin

Reid mengatakan bahwa pendekatan terbaik untuk berhenti merokok adalah terapi penggantian nikotin.

Produk pengganti nikotin ini dapat berupa permen karet pengganti nikotin atau pelega tenggorokan yang telah terbukti efekti membantu orang untuk berhenti merokok. 5. Cari bantuan profesional Bahkan dengan terapi penggantian, berhenti merokok tetap menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Jika demikian, cobalah untuk mengakses dukungan dan layanan profesional yang akan membantu menghentikan kebiasaan merokok. “Ada banyak informasi di luar sana serta banyak orang lain yang mengalami proses yang sama. Saran saya adalah untuk mencari sebanyak yang Anda bisa,” ujarnya.

Sumber: kompascom


Post Views: 104


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved