5 months ago, Posted by: oknet02

Ini Alasan China Berencana Menjelajah Jupiter

China tampaknya mempunyai ambisi serius di bidang antariksa. Usai mendaratkan rover di Mars, Negeri Tirai Bambu itu berencana menjelajah Jupiter.  Zhang Rongqiao, seorang pejabat di Administrasi Luar Angkasa Nasional China dan kepala perencana misi Tianwen 1 Mars, mengatakan China tidak akan puas dengan satu keberhasilan.

"Rencana utama kami di masa depan untuk eksplorasi antarplanet adalah misi Jupiter. Umat manusia masih kekurangan pengetahuan yang komprehensif tentang sistem Jovian, dan hanya melakukan beberapa operasi di sana," ujar Zhang dikutip dari laman The Star, Rabu (16/6/2021).

Planet raksasa gas itu, kata Zahang, memiliki peluang besar untuk  penelitian sains dan penemuan lainnya. Selain nilai ilmiahnya, ekspedisi ke Jupiter akan mengarah pada pengembangan penemuan dan teknologi baru.

"Misi semacam itu akan mengharuskan kita untuk mengembangkan teknologi baru seperti pesawat ruang angkasa, pelacakan dan pengendalian yang lebih baik, dan sumber energi yang ditingkatkan," katanya.

"Singkatnya, ini akan mendorong kemampuan eksplorasi ruang angkasa kami secara signifikan," ujarnya. 

Zhang tidak memberikan informasi rinci tentang misi yang direncanakan, jadwal atau metode eksplorasi akan seperti apa. Pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Jupiter adalah Pioneer 10 Amerika Serikat, pada tahun 1973. Sejak itu, planet ini telah dikunjungi oleh beberapa wahana dan pengorbit yang hanya sekedar lewat.

Sumber: iNews


Post Views: 141


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved