3 months ago, Posted by: oknet02

Cara Menurunkan Badan Alami Menurut Sains

Ada banyak informasi mengenai cara menurunkan berat badan. Beberapa bahkan mengeklaim hasil yang signifikan dalam waktu singkat. Namun, banyak di antaranya yang belum berdasarkan pada sains sehingga efektivitasnya masih dipertanyakan.

Sementara itu, terdapat beberapa cara alami yang terbukti mampu menurunkan berat badan menurut sains. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 cara menurunkan berat badan secara alami menurut sains:

1. Tambahkan asupan protein

Tubuh membakar kalori ketika mencerna dan memetabolisme protein yang dimakan sehingga pola makan tinggi protein mampu meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Pola makan tinggi protein juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama sekaligus menekan nafsu makan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 400 kalori lebih sedikit per hari menerapkan pola makan tinggi protein.

2. Makan makanan utuh

Salah satu cara alami terbaiik untuk menurunkan berat badan dengan lebih sehat adalah mengonsumsi makanan utuh. Dengan demikian, gula tambahan, lemak tambahan, dan makanan olahan dapat dihindari. Selain itu, sebagian besar makanan utuh sangat mengenyangkan secara alami.

3. Hindari makanan olahan

Makanan olahan umumnya tinggi akan gula tambahan, lemak tambahan, dan kalori ekstra. Terlebih lagi, makanan olahan direkayasa sehingga mendorong keinginan makan sebanyak mungkin.

4. Perbanyak makanan dan camilan sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang disimpan di rumah sangat memengaruhi pola makan dan berat badan. Dengan menyediakan makanan dan camilan sehat, seluruh anggota keluarga pun dapat menghindari makanan tidak sehat. Makanan dan camilan sehat ini termasuk buah segar, yogurt, kacang-kacangan, sayur segar, dan telur rebus.

5. Batasi asupan gula

Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Mengurangi asupan gula tambahan merupakan cara yang baik untuk memperbaiki pola makan, menurunkan berat badan, sekaligus menghindari penyakit.

6. Minum air

Ada klaim yang mengatakan bahwa minum banyak air dapat membantu menurunkan berat badan. Klaim ini rupanya tidak sepenuhnya salah. Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang dibakar hingga 30 persen selama satu jam sesudahnya.

7. Minum kopi (tanpa gula)

Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang dibakar. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11 persen dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50 persen.

Sumber: kompas


Post Views: 82


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved