3 months ago, Posted by: oknet02

Tanda Orang Bahagia Menurut Sains

Apakah kamu termasuk orang yang punya hidup bahagia? Simak lima tanda orang bahagia menurut sains berikut ini.
Pada dasarnya, arti bahagia pada setiap orang akan berbeda. Fakta menariknya, dikutip dari PsychCentral, Survei Harris Poll of yank Happiness tahun 2017 saat ditanyakan 'apa kamu bahagia', hanya 33 persen orang yang akan menjawab 'ya'. Tentu ada banyak alasan yang mendasari jawaban tersebut.

Sementara itu penelitian baru terkait bagaimana kebahagiaan dapat bervariasi antara individu juga turut dilakukan. Studi yang dilakukan psikolog Jessie Sun, Scott Barry Kaufman dan Luke D. Smillie menemukan bahwa ada beberapa sikap yang berkorelasi kuat dengan kesejahteraan yang lebih baik.

Apabila diartikan dalam kalimat yang sederhana, hasil penelitian tersebut telah memberitahu bahwa ada 5 tanda orang bahagia menurut sains.

Berikut lima tanda orang bahagia:
1. Antusias
Tanda orang bahagia menurut sains yang pertama adalah antusiasme. Hal tersebut tercermin dari sikap yang ramah, ekspresif, suka tertawa dan bersenang-senang.

Selain itu, orang yang bahagia juga cenderung memiliki emosi yang lebih positif, penerimaan diri dan tujuan hidup yang jelas,. Sebagaimana dikutip dari PsychCentral, orang-orang dengan antusiasme tinggi memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih kuat.

2. Stabil Secara Emosional
Tanda orang bahagia selanjutnya adalah lebih stabil secara emosional. Hal ini ditandai dengan cara yang lebih bijak dalam menangani setiap persoalan yang datang. Orang yang bahagia memiliki tingkat neurotitisme yang lebih rendah, yang juga berarti bahwa mereka mengalami lebih sedikit kecemasan dan tidak terlalu ambil pusing dengan segala bentuk kekhawatiran.

Pengelolaan emosional yang baik menjadi kunci utama bagi mereka. Dengan begitu, orang-orang bahagia kurang reaktif terhadap stres.

3. Tekun
Sikap yang penuh ketekunan juga menjadi salah satu tanda orang bahagia. Sebagaimana yang dilansir dari PsychCentral, menurut penelitian, orang yang bahagia cenderung berpikir ke depan, merencanakan, bekerja keras dan menindaklanjuti alias tidak hanya terkait dengan pencapaian tinggi tetapi juga perasaan penguasaan dan keterlibatan dalam hidup. Selain itu, dalam menerapkan hal tersebut, mereka yang bahagia juga cenderung lebih berhati-hati.

4. Kasih Sayang
Hidup akan terlampau hampa jika tidak disertai dengan kasih sayang. Setidaknya begitulah yang cukup sering terdengar. Kasih sayang ini juga menjadi salah satu ciri orang bahagia yang ditunjukkan lewat sikap yang penuh perhatian dan juga empati yang tinggi.

Tidak sampai di situ saja, mereka juga lebih peduli tentang kesejahteraan orang lain yang pada akhirnya dapat memberikan umpan balik yang positif pada kesejahteraan hidup mereka sendiri. Untuk itu, mereka yang bahagia akan selalu bersyukur setiap harinya dan siap memberikan bantuan.

5. Keingintahuan Intelektual
Nah, satu lagi ciri orang bahagia menurut sains yaitu keingintahuan intelektual yang tinggi. Orang-orang ini biasanya suka memecahkan masalah yang kompleks dan tetap terbuka untuk die-ide baru.

Mereka juga berefleksi, berpikir mendalam dan menantang diri mereka sendiri untuk tumbuh. Ketegasan dan keterbukaan kreatif juga menjadi dua sifat yang selalu mereka tumbuhkan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan merasa lebih bahagia dalam hidupnya.

Sumber: beautynesia


Post Views: 79


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved