A multi-ethnic group of college age students are studying together in class and are finishing a homework assignment. One girl is listening to music through headphones.

Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah mengembangkan sebuah inovasi yang disebut LibLab Playlist. LibLab Playlist adalah daftar putar yang berisi rekomendasi lagu dengan musik yang tenang dan podcast. Tujuan dibalik LibLab playlist adalah untuk membantu pelajar/mahasiswa dalam mempertahankan fokus dan meningkatkan konsentrasi saat belajar atau mengerjakan tugas.

Menurut penelitian oleh Djohan (2009:86), musik memiliki kemampuan untuk merangsang dan menstimulus respon emosi seseorang. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan pengaruh positif musik Mozart terhadap kecerdasan, dengan kelompok mahasiswa yang mendengarkan musik Mozart selama 15 menit mengalami peningkatan IQ dalam kemampuan spasial.

Musik memiliki beragam gagasan dan ungkapan, termasuk ungkapan emosi seperti protes, kemarahan, dan kegundahan. Musik telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari sebagai sarana hiburan, ekspresi diri, dan alat komunikasi yang mempengaruhi tingkah laku dan emosi seseorang.

Berangkat dari telaah penelitian terdahulu, kelompok mahasiswa dari program vokasi tersebut menciptakan inovasi Layanan LibLab Playlist. Inovasi ini bertujuan untuk membantu teman-teman sejawat mereka dalam meningkatkan konsentrasi. LibLab Playlist menyediakan musik instrumental dan podcast dengan konten pembicaraan yang positif dan informatif.

Selain itu, mereka juga menyediakan buku resensi yang berisi informasi kecil tentang lagu dan podcast, termasuk profil penyanyi, makna lagu, dan seputar perilisan lagu. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Spotify dengan mencari “LibLab (team 3)” atau dengan memindai barcode yang terdapat di brosur.

By sintek