FTMM NEWS – Dua puluh lima mahasiswa dari Universiti Malaya Malaysia, melakukan kunjungan ke laboratorium, dalam agenda hari kedua program student inbound SMARTA 2023, Kamis (4/8).

Lokasi pertama, mahasiswa mengunjungi Research Center New and Renewable Energy di lantai dasar GKB-C. Mereka mendapatkan penjelasan perihal kegiatan pengabdian masyarakat dan produk, yang disampaikan oleh mahasiswa dari Imercy The Instrumentation and Energy Research Community (Imercy).

Selanjutnya, mahasiswa mengunjungi Lab Manufaktur yang menjadi home based Rasena UNAIR EV Team. Dilokasi ini, mahasiswa mendapatkan informasi menarik perihal mobil listrik, charging station, sampai menjajal mobil Rasena.

“Saya menjelaskan perihal dibentuknya Rasena, kompetisi Shell Eco-Marathon, tahapan pembuatan mobil Rasena dan strategi agar mobil efisien,” jelas Agus Mukhlisin, S.T., M.T. Dosen Teknik Elektro.

Sesudah dari Lab Manufaktur FTMM, mahasiswa juga antusias dengan keberadaan motor listrik karya mahasiswa yang tergabung dalam Electric Vehicle On Study (EV-OS). Apalagi EV-OS menjadi salah satu komunitas mahasiswa yang punya banyak prestasi nasional. Termasuk menjajal peluang kompetisi PLN Innovation and Competition Electricity (ICE) 2023, kompetisi persembahan PLN dalam menciptakan inovasi produk.

Tak hanya itu, FTMM juga mengajak mahasiswa UM ke Laboratorium Kombo, home based Komunitas Robot UNAIR dan Lab. Komputer di lantai 8.

“Ini kali pertama saya melihat atraksi drone terbang di lapangan,” ujar Eylia Nurwani binti Ab Razak, mahasiswa Faculty of Computer Science and Information Technology (information system) Universiti Malaya.

Selain itu, dirinya juga antusias melihat atraksi dari mahasiswa yang memainkan penampilan Robot Astro di arena. Mahasiswa juga ikut mencoba memainkan robot dengan remote control.

 

Penulis : Andri Hariyanto

 

 

source
https://unair.ac.id

By sintek