FTMM NEWS – Bersaing di kompetisi tingkat internasional, tiga mahasiswa teknik industri raih top 15 finalis pada perlombaan Industrial Engineering Fair (IE Fair) yang berlangsung pada tanggal 24 agustus – 28 Agustus 2023. Acara tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Pada tahun ini, perlombaan tersebut mengusung tema Elaborating Disruptive Innovations and Technology to Achieve Industry Sustainability.  Tujuannya untuk mengajak seluruh mahasiswa dan mahasiswi mengaplikasikan kompetensi dasar dari disiplin ilmu teknik industri. 

Rangkaian Seleksi

Untuk mencapai top 15 finalis, setiap peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi. Tahapan seleksi tersebut terdiri dari seleksi awal berupa pembuatan proposal case study dan kuis online seputar ilmu teknik industri. Setelah lolos pada seleksi tersebut, peserta dapat lanjut mengikuti tahapan final secara luring. Peserta lomba yang mengikuti IE FAIR 2023 tahun ini sebanyak 200 peserta. Peserta tersebut berasal dari tiga negara yaitu Indonesia, Filipina, dan Malaysia Tim yang berhasil lolos ke babak final diantaranya berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Nopember Surabaya, Universitas Internasional Semen Indonesia, Universiti Teknologi Malaysia, dan University of the Philippines Los Baños (UPLB). 

Pada tahap final, ke-15 tim harus melalui tiga tahap penilaian. Ketiga tahap penilaian tersebut terdiri dari mixed team challenges, plenary dan  proposal study case oleh PT. Hasta Karya Perdana. Walaupun tidak membawa pulang kemenangan, ketiga mahasiswa ini berhasil memberikan strategic-oriention bagi persoalan logistic and inventory system yang feasible bagi perusahaan. 

Dalam tahap ini peserta tidak hanya mengikuti rangkaian kompetisi, namun juga mendapatkan kuliah mengenai isu seputar teknik industri terkini. Lebih lanjut, kuliah tersebut terkait dengan sistem logistik serta materi lainnya seputar teknik industri oleh beberapa dosen dari UTM, Gadjah Mada, ITS dan UPLB. Selain itu, acara ini menye tahap private mentoring session dengan Asst. Prof. Gabriel John L. de Leon, tim Industrialist juga mendapatkan insight baru terkait dengan greener logistic systems. 

 

Penulis : Venni Tanujaya

Editor : Ananta Adhi Wardana

source
https://unair.ac.id

By sintek