FTMM NEWS – Untuk kedua kalinya, Sustainable Energy and Green Technology Applications (SEGTA) Fall, program internasional yang mengangkat isu aplikasi pemanfaatan teknologi berkelanjutan dan pemanfaatan energi hijau persembahan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga, kembali digelar. SEGTA 2023 akan berlangsung pada tanggal 4-11 September 2023, secara offline.

SEGTA 2023 terdiri dari sejumlah aktivitas, seperti academic course, laboratory activities, field trip, sampai program pengabdian masyarakat. Hari pertama, academic cource, diisi oleh sejumlah narasumber dari pakar program studi. Air Feel and Its Applications oleh Prisma Megantoro, S.T., M.Eng., Electrical Vehicles oleh Yoga Uta Nugraha S.T., M.T, dan IT Applications for Tourism and Health Services oleh Dr. dr. Niko Azhari Hidayat, Sp.BTKV(K). Selain itu, Muhammad Noor Fakhruzzaman, S.Kom., M.Sc. akan menyampaikan topik IT Applications for Education Development and Small Business.

DCIM102MEDIADJI_0232.JPG

Pada hari ketiga, para peserta akan mengunjungi sejumlah fasilitas yang ada di FTMM. Seperti research center dan laboratorium badan semi otonom seperti Rasena, EV-OS, Kombo dan Imercy. Masih bagian dari acara inti, peserta juga berkesempatan mengikuti field trip ke Dungkek, Sumenep, dalam rangka program pengabdian masyarakat. Program ini berlanjut sampai di Pulau Gili Iyang, pulau yang memiliki keindahan bahari, menjadi lokasi project kegiatan pengaplikasian teknologi dari sejumlah dosen FTMM. Seperti dalam pemakaian sepeda listrik di Puskesmas Bancamara, Solar charging station di Gua Canggah, sampai Airfeel v.3 yang sudah terpasang di Pantai Ropet.

Dalam program SEGTA 2023, terkonfirmasi 14 peserta berkebangsaan asing telah mendapatkan LoA. Mereka dari sejumlah kampus ternama dari Malaysia, seperti Universiti Malaya. Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan mahasiswa asing yang studi di Universitas 17 Agustus 1945 dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember,

Penulis : Andri Hariyanto

Editor : Septia Devi Prihastuti Yasmirullah

source
https://unair.ac.id

By sintek