FTMM NEWS – Pada kegiatan International Conference on Academia-Community Engagement  (InACE) 2023 yang dilaksanakan di Hotel Pullman, Bangsar, Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 29-30 Agustus 2023, terdapat beberapa sub-kegiatan yaitu symposium, poster presentation, forum dan plenary.

Kegiatan – kegiatan tersebut meliputi beberapa metode penyampaian yang berbeda-beda, sehingga dapat memberi pengalaman yang berbeda pada setiap kegiatannya. Melalui symposium dapat mengetahui secara detail latar belakang dan kegiatan community development para peserta InACE 2023 dari Malaysia, Indonesia, Philipina, dan beberapa daerah lainnya. Penerapan berbagai metode community development dari beberapa sudut pandang dan kompetensi masing-masing peneliti, bertujuan untuk dapat berkontribusi bahkan sudah melakukan dalam tahap lintas bidang kompetensi. Misalnya latar belakang kesehatan melakukan sentuhan dengan teknologi, kemudian latar belakang engineering mampu berkontribusi menyelesaikan permasalahan di bidang perikanan.

Pada kegiatan poster terdapat sekitar 30 poster community development dari berbagai bidang. Fakultas Teknologi maju dan Multidisiplin (FTMM) menampilkan empat poster dengan tema dukungan teknologi dalam community development. Melalui sesi tersebut peserta seminar pada InACE 2023 dapat melakukan diskusi tanya jawab dengan masing-masing perwakilan pada poster. Sehingga terjalin komunikasi untuk dapat menemukan latar belakang permasalahan di masyarakat dengan kerjasama antar fakultas dan universitas dengan kompetensi masing-masing.

Pada sesi forum dan plenary melibatkan berbagai unsur  pentahelix sebagai narasumber. Selama kegiatan dua hari hadir perwakilan dari akademisi Universitas Malaya, akademisi Universitas Airlangga, perwakilan Media Nasional Malaysia dan perwakilan industri di Malaysia sebagai narasumber untuk berdiskusi terkait konsep, story dan future dari kontribusi masing-masing pihak untuk mendukung Pentahelix dalam kegiatan community development. Harapannya melalui Kerjasama pentahelix kegiatan community development yang telah dilakukan oleh universitas, dapat disiarkan dengan lebih massif oleh media. Tujuannya multiplikasi suatu konsep community development di suatu wilayah ke komunitas masyarakat yang lain. Kontribusi industri hadir untuk mempercepat dan memperbanyak kebutuhan dari community development.

 

Penulis : Yoga Uta Nugraha

Editor : Septia Devi Prihastuti Yasmirullah

 

source
https://unair.ac.id

By sintek