FTMM NEWS – Fakultas Teknologi Maju dan Multidisplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR) mendukung penuh mahasiswanya untuk aktif mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program bagian MBKM yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menempuh pembelajaran selama satu semester di perguruan tinggi terbaik dunia.

Syasya Nadia Rahmah, mahasiswi Rekayasa Nanoteknologi (RN) saat ini menjalani perkuliahan di University of Waterloo, Kanada melalui program IISMA. Perkuliahan tersebut berlangsung selama satu semester sejak September hingga Desember 2023.

“Alasanku memilih University of Waterloo, karena selain mata kuliahnya yang membuat aku tertarik, di sini terdapat juga program studi nanoteknologi. Meskipun aku tidak dapat mengambil mata kuliah di program studi tersebut, aku sangat ingin mengesksplor perguruan tinggi dengan reputasi tinggi terhadap ilmu baru di dunia nanoteknologi. Terlebih, program studi nanoteknologi (S1) UNAIR merupakan satu-satunya di Indonesia. So, why not explore and learn beyond the borders dengan pakar-pakarnya,” tutur mahasiswi yang akrab dipanggil Syasya itu.

 

Fall Tree Planting – Turut serta mempersiapkan lokasi dan menanam berbagai pohon dan semak. Sambil belajar lebih banyak tentang pentingnya mendukung keanekaragaman hayati dan alam di kampus

Syasya mengungkapkan motivasi terbesarnya mengikuti IISMA adalah ia ingin merasakan kuliah di luar negeri. Sebab sebelumnya tidak ada kesempatan untuk kuliah di luar negeri secara administratif dan finansial. Selain itu, menurutnya, program ini jatuh pada waktu yang tepat dan merupakan kesempatan sekali seumur hidup yang tidak boleh disia-siakan.

Sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Syasya telah memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Kanada. Tentu, bukan tanpa sebab. Kanada terkenal akan negara dengan tingkat pendidikan yang baik dan reputasi tinggi.

“Selain pendidikannya yang bagus, penduduk Kanada juga sangat sopan dan ramah, keindahan alam di sini juga tidak perlu diragukan, dan banyak sekali aktivitas winter sport yang dapat dilakukan,” ungkap mahasiswi asal Malang itu.

Syasya juga memberikan pesan kepada mahasiswa UNAIR, khususnya mahasiswa FTMM, “Chin up! Kalian bisa melewati semua rintangan ini. Percayalah pada diri sendiri dan mendungkunya dengan kerja keras serta belajar. Semua ini tidak terlepas dengan doa dan restu orang tua,” tutupnya.

 

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor :

 

source
https://unair.ac.id

By sintek