Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) UNAIR memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya yang ingin mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program dalam MBKM yang disebut Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program studi selama satu semester di perguruan tinggi terbaik di dunia.

Salah satu mahasiswi, Syasya Nadia Rahmah, yang mengambil program studi Rekayasa Nanoteknologi saat ini sedang mengikuti perkuliahan di University of Waterloo, Kanada melalui program IISMA berlangsung selama satu semester dari September hingga Desember 2023. Alasan Sasya memilih University of Waterloo, yaitu karena mata kuliah yang menarik minatnya dan karena universitas tersebut memiliki program studi nanoteknologi. Meskipun ia tidak dapat mengambil mata kuliah khusus nanoteknologi, ia ingin mengeksplorasi universitas dengan reputasi tinggi dalam ilmu nanoteknologi. Terlebih lagi, UNAIR adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang memiliki program studi nanoteknologi. Oleh karena itu, ia ingin menjelajah dan belajar di luar negeri dari para ahli di bidangnya.

Motivasi terbesar Syasya untuk mengikuti IISMA adalah keinginannya untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri, karena sejak SMA Syasya selalu bercita-cita untuk melanjutkan pendidikannya di Kanada yang terkenal dengan pendidikan berkualitas dan reputasinya yang baik serta penduduk Kanada sangat sopan dan ramah, alamnya yang indah, serta berbagai aktivitas olahraga musim dingin yang menarik.

Syasya juga memberikan pesan positif kepada sesama mahasiswa UNAIR, khususnya yang berasal dari FTMM, untuk tetap semangat dan yakin bahwa mereka dapat mengatasi segala rintangan. Ia mendorong mereka untuk percaya pada diri sendiri, bekerja keras, dan belajar dengan sungguh-sungguh, sambil tidak melupakan dukungan dan doa dari orang tua.

By sintek