FTMM NEWS – Pada era revolusi industri 4.0, Internet of Things (IoT) dan panel surya adalah teknologi yang sedang dikembangkan secara luas. Teknologi tersebut mampu menghubungkan antara dunia nyata dengan dengan dunia virtual tanpa interaksi secara langsung. Faktanya, IoT bermanfaat dalam berbagai hal seperti pengaplikasian peralatan rumah tangga. Tidak hanya itu, peralatan kesehatan di rumah sakit, industri, hingga sistem pembangkit listrik dengan panel surya juga dapat menerapkan teknologi IoT.

Panel surya atau dikenal dengan photovoltaic panel merupakan alat pengubah energi matahari menjadi energi listrik. Perangkat tersebut merupakan bagian terpenting dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya. Photovoltaics (PV) Panel mempunyai kemampuan menyerap energi matahari untuk berbagai manfaat, salah satunya adalah pembangkit listrik. Meningkatkan pemanfaatan energi matahari merupakan hal yang krusial dalam memaksimalkan efisiensi dari PV. Salah satu alat yang mempunyai peran signifikan dalam hal tersebut adalah Energy Monitoring Systems (EMS) dengan teknologi IoT.

Keuntungan Panel Surya Pakai EMS dengan Teknologi IoT

EMS dengan teknologi IoT memberikan performa tingkat real-time dalam memonitor parameter panel surya. Sensor IoT dapat mengukur suhu, kelembapan, hingga radiasi sinar matahari. Hasil pengukuran tersebut kemudian dikirimkan ke EMS. Faktanya, PV panel yang menggunakan EMS dan IoT mempunyai tingkat efisiensi lebih besar 15-25% dibandingkan PV panel biasa. Selain itu, EMS yang diintegrasikan IoT memudahkan operator dan teknisi untuk membaca performa sistem panel surya. Alhasil, masalah pada sistem lebih cepat terdeteksi dengan EMS sehingga penanganan masalah bisa lebih cepat pula.

Pada akhirnya, penggunaan IoT dalam EMS pada panel surya membantu dalam pengendalian PV panel secara real-time. Di samping itu, dengan menerapkan teknologi IoT memberikan akses remote kepada teknisi. Akses tersebut mengizinkan mereka untuk memonitor parameter PV panel walaupun sedang tidak berada di lokasi pembangkit listrik tersebut. Dengan demikian, efisiensi panel surya dapat terjamin.

Referensi:

Zakharchenko, R., Licea-Jimenez, L., Pérez-Garcıa, S. A., Vorobiev, P., Dehesa-Carrasco, U., Perez-Robles, J. F., … & Vorobiev, Y. (2004). Photovoltaic solar panel for a hybrid PV/thermal system. Solar Energy Materials and Solar Cells, 82(1-2), 253-261.

Patil, S., Vijayalashmi, M., & Tapaskar, R. (2017). Solar energy monitoring system using IOT. Indian Journal of Scientific Research, 149-156.

Deepika, M., Kavitha, M., Chakravarthy, N. K., Rao, J. S., Reddy, D. M., & Chandra, B. M. (2021, January). A critical study on campus energy monitoring system and role of IoT. In 2021 International Conference on Sustainable Energy and Future Electric Transportation (SEFET) (pp. 1-6). IEEE.

Penulis: Naufal Anwar Farras

Editor : Andri Hariyanto

source
https://unair.ac.id

By sintek