FTMM NEWS – Istilah dana usaha atau biasa orang mengenal danus tentu sudah familiar di kalangan mahasiswa. Danus merupakan suatu upaya oleh sekelompok mahasiswa dengan tujuan mendapat dana untuk mendukung kegiatan organisasi atau program kerja. Kegiatan danus juga dapat melatih dan mengembangkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa. 

Tim dana usaha biasanya menjual berbagai jajanan di lingkungan sekitar kampus dengan target pasar adalah sesama mahasiswa. Seperti yang banyak terlihat di depan GKB UNAIR, mereka biasanya menawarkan risoles, bomboloni, serta jajanan lain yang menjadi minat mahasiswa. Banyaknya variasi jajanan yang ada tentu membuat mahasiswa tertarik untuk mencobanya. Terlihat pada pergantian jam perkuliahan, banyak mahasiswa berkerumun  dan melariskan jajanan danus. 

Keberadaan danus di sekitar kampus tentu mempermudah mahasiswa yang ingin mengisi perut namun tak ingin jauh-jauh ke kantin. Selain itu, metode pembayaran yang tersedia dapat berupa tunai dan non tunai sehingga dapat lebih fleksibel. Pembayaran dapat hanya dengan melakukan scan QRIS melalui aplikasi e-wallet sesuai dengan kebanyakan anak muda saat ini sebagai kaum cashless. 

Kesuksesan Danus 

Kegiatan danus dapat menjadi langkah yang cukup menyukseskan dalam memenuhi target finansial program kerja. Hal tersebut dapat bermanfaat baik dari segi keuangan maupun dampak positif, serta menyoroti strategi dan ide kreatif yang mendukung kesuksesan tersebut. Dengan terlibat dalam divisi dana usaha, mahasiswa juga dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan wirausaha. Mahasiswa harus dapat menciptakan ide inovatif yang nantinya akan menghasilkan berbagai peluang usaha.

Penulis : Fradinka Amelia

Editor : Ananta Adhi

source
https://unair.ac.id

By sintek