FTMM NEWS – Rangkaian kegiatan Sustainable Energy and Green Technology Applications (SEGTA) 2024 telah berakhir.  Serangkaian acara pertunjukan di Auditorium Candradimuka, Gedung Nano, Kampus MERR-C pada Selasa (5/3/2024) menutup kegiatan yang berlangsung sejak Februari 2024 tersebut. Kegiatan Closing SEGTA ini dihadiri oleh seluruh peserta, panitia, dosen dan tendik FTMM, perwakilan fakultas, dan Direktur PT. Yamaha Musical Product Indonesia (YMPI), Bapak Arief Soekamto. 

SEGTA, Implementasi Integrasi

Kegiatan dibuka dengan sambutan Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si selaku Wakil Dekan III FTMM. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta SEGTA yang hingga saat ini masih penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan.

“Terima kasih kepada seluruh partisipan SEGTA yang telah menyukseskan rangkaian kegiatan ini. Melalui SEGTA, berbagai kegiatan pengabdian masyarakat seperti filtrasi udara, pengadaan sepeda listrik, dan projek teknologi lainnya di Gili Iyang dan Sumenep berjalan dengan sangat luar biasa!” ungkap Prof. Retna penuh semangat.

Kepada FTMM NEWS, Prof. Retna mengatakan bahwa SEGTA merupakan wujud dari implementasi integrasi seluruh kegiatan research, innovation, community development, community service, cultural, academic course, juga laboratorium. Melalui SEGTA ini, beliau berharap seluruh implementasi dapat terwujudkan dan ke depannya SEGTA dapat menggaet lebih banyak negara.

Melalui SEGTA pula, produk-produk unggulan yang FTMM miliki berhasil dihirilisasi ke beberapa daerah, sehingga dapat membantu masyarakat. Kita telah memasang solar cell, AirFeel, sepeda listrik, hingga filter air. Tentu, seluruh dosen FTMM akan berusaha untuk menghasilkan lebih banyak produk-produk lainnya,” pungkas Prof. Retna.

Tampilkan Beberapa Performance

Acara penutupan tersebut makin meriah dengan adanya berbagai penampilan dari peserta SEGTA, mulai dari orkestra, tarian tradisional, pencak silat, hingga penampilan fashion show pakaian adat. Pertunjukan tersebut tidak hanya ditampilkan oleh pihak FTMM, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), dan Universiti Malaya (UM). Menariknya, Eastwind Orchestra dari PT. YMPI turut memeriahkan kegiatan Closing SEGTA . Penampilan ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara FTMM dan PT. YMPI yang sudah lebih dahulu terjalin.

Peserta yang hadir dalam penutupan SEGTA tersebut tidak hanya partisipan SEGTA, melainkan juga mahasiswa FTMM. Tepuk tangan dan nyanyian bersama turut memenuhi seisi ruangan saat berlangsungnya pertunjukan. Terlebih, saat PT. YMPI membawakan lima lagu spesial, salah satunya berupa lagu tema (soundtrack) Aladdin, Speechless.

Peserta: SEGTA Luar Biasa

Salah satu partisipan SEGTA yang sangat antusias, Siti Nur Aisyah mengaku sangat berkesan dengan rangkaian kegiatan SEGTA 2024. Baginya, SEGTA adalah program yang berbeda dan unggul daripada program-program sejenis lainnya.

“Saya banyak mengikuti program serupa seperti ini, tetapi SEGTA yang paling berkesan karena menggabungkan beberapa peserta dari berbagai negara. Bagian education adalah yang paling menarik,” ucap mahasiswa asal UTM tersebut.

Walau baru berjalan selama 3 tahun, seluruh persiapan dan pelaksanaan SEGTA tak kalah dengan kegiatan yang telah lama berjalan. Siti mengaku kaget, tidak menyangka kalau SEGTA tergolong sebagai program baru.

“Rasanya, program ini seperti sudah berjalan sangat lama. Seluruh kegiatan dan persiapan SEGTA sangat luar biasa. Saya berharap, FTMM dapat terus menjalin kolaborasi dengan UTM. Terima kasih telah melayani kami dengan baik!” tutup Siti pada akhir sesi wawancara.

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh dan Elsa Hertria Putri

Editor: Rizky Astari Rahmania

 

source
https://unair.ac.id

By sintek