FTMM NEWS – Suasana bangga nan bahagia dalam momen wisuda periode 241 Universitas Airlangga (UNAIR) juga dirasakan untuk pertama kalinya oleh Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM). Lantaran, momen wisuda pada Minggu (3/3/2024) di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C, ini menjadi momen pertama FTMM dalam melahirkan alumninya.

Luluskan 45 Wisudawan

Fakultas muda tersebut resmi berdiri pada November 2019 dengan lima program studi yaitu eknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknologi Sains Data, Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Industri, dan Teknik Elektro. Hadirnya FTMM di UNAIR sebagai pilar keteknikan (engineering), melengkapi 3 pilar utama berupa social science, life science, dan health science.

Pada periode wisuda ini, FTMM resmi meluluskan sebanyak 45 wisudawan yang terdiri dari 12 wisudawan Rekayasa Nanoteknologi, 11 wisudawan Teknik Elektro, 11 wisudawan Teknik Industri, 1 wisudawan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, dan 10 wisudawan Teknologi Sains Data.

Sebagai perayaan wisuda perdana, FTMM juga menggelar arak-arakan yang turut memeriahkan momen wisuda kali ini. Seluruh mahasiswa dari kelima program studi turut hadir menyambut lulusan pertama di depan Gedung Nano, Kampus MERR-C.

 

Tantangan Hingga Terakreditasi

Kepada FTMM NEWS, Dekan FTMM, Prof. Dr. Dwi Setyawan, S.Si., M.Si., Apt, menyampaikan bahwa butuh perjuangan bagi FTMM untuk berada di titik ini dengan melewati berbagai tantangan. Bermula saat pandemi Covid-19 yang mewajibkan perkualiahan secara daring, sehingga antarmahasiswa dan dosen tidak saling bertemu hingga pandemi mereda.

“Walau tidak bertemu secara langsung dan perkuliahan berlangsung secara daring, untungnya mahasiswa FTMM ini melek dengan teknologi. Hal Itu tidak terlalu menjadi hambatan bagi kita. Tantangan selanjutnya adalah ketika ingin meluluskan mahasiswa, maka FTMM ini harus terakreditasi. Sehingga pada 2022 lalu, alhamdulillah, mahasiswa yang lulus dari FTMM pada saat ini telah berada dalam status terakreditasi. Tentu, wisudawan kita dapat memanfaatkan status tersebut untuk melakukan studi lanjut atau terjun ke dunia kerja,” jelas Prof. Dwi.

Berikan yang Terbaik

FTMM terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya. Hal tersebut terbukti melalui tersedianya sistem pembelajaran yang baik, kurikulum terbaik, fasilitas, hingga dosen-dosen yang mumpuni sesuai dengan bidang program studi di FTMM.

“Tentu FTMM melakukan berbagai upaya untuk meluluskan wisudawan terbaiknya. Kita telah menyiapkan berbagai lapangan pekerjaan yang sesuai dengan ke mana arah mahasiswa FTMM nantinya. Fasilitas yang kami berikan dapat membantu mahasiswa untuk mengaktualisasi kemampuan dan mengembangkan berbagai ide-ide kreatifnya,” ungkap beliau.

Prof. Dr. Nimatuzahroh, Dra selaku Wakil Dekan I FTMM menambahkan bahwa di FTMM sendiri, selalu menjunjung sinergi antara mahasiswa dengan dosen. Hal tersebut terbukti melalui banyaknya mahasiswa yang kerap tergabung dalam penelitian dosen.

“Bergabungnya mahasiswa dalam penelitian dosen dapat memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan karya lebih awal. Sehingga, memungkinkan bagi mereka untuk lulus lebih awal dalam waktu 3,5 tahun,” ucap Prof. Ni’ma.

 

Penulis: Maissy Ar Maghfiroh

Editor: Andri Hariyanto

 

The post Perdana! FTMM Ikuti Wisuda UNAIR   first appeared on Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin | Universitas Airlangga.

The post Perdana! FTMM Ikuti Wisuda UNAIR   appeared first on Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin | Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id

By sintek