FTMM NEWS –  Pada perkembangan zaman saat ini, plagiarisme terhadap kecerdasan intelektual dapat sangat mudah terjadi. Mahasiswa sebagai agent of changes yang seharusnya memiliki banyak karya dapat dengan mudah menjadi sasaran pelanggaran HKI. Agar mencegah hal tersebut, Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) menyelenggarakan Festival HKI 2024.

Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) ikut andil dalam kemeriahan festival ini. FTMM sebagai fakultas muda yang memiliki banyak karya dari mahasiswa maupun dosennya menampilkan produk inovasi mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya HKI oleh masyarakat Universitas Airlangga.

Prof. Hery Purnobasuki M.Si, Ph.D. Ketua LIPJPHKI Universitas Airlangga, menjelaskan Festival ini baru pertama kali mereka adakan. Pihaknya mencoba untuk membuat sebuah kegiatan yang bisa memusatkan hasil karya Universitas Airlangga. Ia berharap Produk-produk dari Universitas Airlangga dapat dipamerkan kepada masyarakat luas. Kedepannya ia juga mengharapkan adanya kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya dalam mengadakan kegiatan ini.

”Kami mencoba membuat suatu ide atau kegiatan yang bisa memusatkan hasil karya Universitas Airlangga yang terpusat pada suatu tempat dan waktu.” Ujar Hery(29/02).

FTMM pada Festival HKI 2024 menampilkan karya-karya yang telah mereka patenkan. Karya-karya tersebut antara lain Airfeel dengan Inventor Prisma Megantoro, dll. Karya paten ini berguna untuk mengukur parameter cuaca ataupun polutan gas. Parameter tersebut meliputi kecepatan angin, curah hujan maupun kelembapan udara serta suhu lingkungan.

Selain itu desain industri juga mereka pamerkan. Desain industry HKI yang FTMM pamerkan adalah Barata-Airlangga Electric Vehicle Charging Station (BANGGA EVCS) dengan Inventor Agus Mukhlisin, dkk. Karya ini merupakan hasil kerja sama FTMM Universitas Airlangga dengan PT. Bara Indonesia (Persero). Karya ini merupakan charging station lengkap dengan mobile application. Karya ini memudahkan fasilitas penyewaan Charging Station. Selain karya-karya di atas, masih banyak yang ditampilkan FTMM pada Festival HKI 2024, seperti Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, merk dagang EVOS (Electric Vehicle On Study) serta buku berjudul Migrant Worker Empowerment oleh Yutika Amelia Effendi dkk.

Penulis: Muhammad Kahlil Gibran, Rekayasa Nanoteknologi

Editor : Muhammad Syahril Mubarok

source
https://unair.ac.id

By sintek