FTMM NEWS – Apa itu Nanoselulosa? Nanoselulosa adalah partikel dalam skala nano yang terbuat dalam dari selulosa dan berbuat dalam bentuk serat. Faktanya, nanoselulosa dapat diaplikasikan melalui bioteknologi, komposit, adsorben, emulsi, dispersi, energi, dan biomedis. Sebagai tambahan, pada pengaplikasian melalui energi, teknologi ini dapat berguna untuk meningkat porositas baterai loh. Porositas baterai sendiri merupakan banyaknya ruang kosong atau pori-pori yang ada dalam material elektroda baterai. Karena baterai dapat dioptimalkan menggunakan nanoselulosa, sehingga meningkatkan efisiensi dan ramah lingkungan.

Peranan selulosa dalam meningkatkan porositas baterai banyak sekali menarik perhatian karena kemampuannya yang baik sehingga dapat berkontribusi di bidang elektronik.  Jika melihat dari cara kontribusinya, teknologi ini memiliki struktur pori yang teratur yang memungkinkan jalur konduktif yang baik bagi baterai. Selain itu, meningkatkan ketebalan elektroda yang membuat elektroda menebal tanpa mengorbankan porositas. Terlebih, penebalan elektroda dengan nanoselulosa dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan energi, stabilitas arus, efisiensi pengisian dan pengosongan baterai. Lalu, struktur yang berpori memungkinkan penyerapan elektrolit yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan menampung ion.

Bagaimana Hasil Penelitian?

Penelitian menunjukan nanoselulosa meningkatkan porositas dan stabilitas termal separator, serta kompatibilitas elektrolit hingga 88 persen yang memperbaiki kinerja baterai. Kemudian, teknologi ini juga dapat meningkatkan kapasitas baterai yang lebih banyak dengan volume yang sama. Lalu, pengisian cepat karena nanoselulosa sendiri memiliki jalur konduktif yang baik. Akibatnya, siklus hidup yang lebih lama sehingga membantu memperpanjang umur baterai dengan mengurangi degradasi selama penggunaan. 

Dengan adanya penerapan nanoselulosa di bidang elektronik, hal ini mampu meningkatkan pengembangan baterai yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Alhasil, mampu memberikan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi, kapasitas, siklus, dan keberlanjutan untuk membawa teknologi yang lebih baik dan maju. 

 

Referensi: 

Sijabat, E. (2017). Studi Awal Penggunaan Nanoselulosa Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas. Majalah TEGI, 9(1).

Fahma, Farah. Nanokomposit Selulosa. Bogor : IPB Press

Ar, M. (2023). 7 Manfaat nanoteknologi bagi kehidupan manusia. Monster Augmented Reality | Professional Augmented Reality Company. https://monsterar.net/2018/12/03/manfaat-nano-teknologi/

Putri, L. N., Alhakim, R R, Al Ichwan, A. R., & Dyartanti, E R, Separator Baterai Ion Litium Dengan Penambahan Filler Dalam Membran PVDF/Selulosa. In Proceedings National Conference PKM Center (Vol. 1, No. 1).

Rahmi, A. Y. U. F. (2017). Adsorpsi protein oleh nanoselulosa berbasis ampas tebu (bagasse) dengan metode hidrolisis asam. Jember (ID): Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Jember.

 

Penulis : Christianu Felixandrea

Editor : Muhammad Alesha Fadhana

source
https://unair.ac.id

By sintek