FTMM NEWS – Nanoteknologi secara perlahan merevolusi industri secara besar-besaran. Nanoteknologi memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas produk dengan biaya produksi yang lebih hemat. Menurut website resmi National Library of Medicine “Nanoteknologi adalah proses yang menggabungkan atribut dasar ilmu biologi, fisika, dan kimia. Proses-proses ini terjadi pada skala nanometer yang sangat kecil”.

Semakin berkembangnya teknologi, banyak yang memodifikasi perangkat elektronik ke ukuran yang lebih kecil namun tetap mempertahankan efisiensinya. Industri komputer telah lama menggunakan nanoteknologi khususnya kemampuan untuk membuat chip silikon yang lebih kecil dengan pendekatan bottom-up. Hal tersebut memungkinan mengantarkan revolusi besar dalam bidang elektronik. Menurut Liam Critchley, penelitian baru terus bermunculan dan menunjukkan bahwa pita nano graphene bisa menggantikan silikon pada perangkat elektronik.

Pita nano graphene adalah potongan graphene yang pendek dan tipis, sehingga tidak memiliki ukuran lateral seperti lembaran graphene biasa. Memiliki sifat semikonduktor yang memungkinkan pembuatan transistor dari pita nano. Kita dapat memofidikasi lembaran graphene standar untuk menunjukkan sifat serupa silikon.

Tidak hanya chip, nanoteknologi menciptakan teknologi baru seperti elemen logika sensor pintar. Sensor yang terlibat menggunakan bahan nano untuk menghasilkan sensitivitas dan kemampuan proses yang lebih besar dengan kesalahan margin-ke-mesin yang minimal. Nanomaterial memberikan karakteristik dan ketahanan yang lebih baik terhadap teknologi sensor karena bahan tersebut inert secara kimia. Selain itu nanomaterial juga tahan korosi dan memiliki toleransi yang lebih besar terhadap suhu dan alkalinitas.

Masih banyak lagi pemanfaatan nanoteknologi di bidang industri komputer seperti, komputasi kuantum, perangkat nano penyimpanan memori. Para peneliti dan ahli percaya bahwa dengan menghubungkan nanoteknologi dan industri informatika, semakin mempermudah permasalahan dalam manusia. Hal tersebut seiring dengan penetapan tujuan berkelanjutan pada akhir dekade ini.

 

Referensi

Malik, Shiza, dkk.2023.Nanotechnology: A Revolution in Modern Industry. Diakses melalui: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9865684/

Critchley, Liam.2021.Could Graphene Replace Silicon-Based Materials in Electronics? Diakses melalui: https://www.azonano.com/article.aspx?ArticleID=5643

Penulis: Aisyah Assa’diyah

Editor: Muhammad Alesha Fadhana

source
https://unair.ac.id

By sintek