FTMM NEWS – Kementerian Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif (Kekraf) BEM FTMM Universitas Airlangga, punya program kerja KAKIWIMA.  KAKIWIMA merupakan singkatan dari Kawasan Kewirausahaan Mahasiswa yang merupakan sebuah bazzar bersama. Melibatkan Himano, Himatesda, Himatera, HMTI, dan IME UA.

Menurut Hadyan Adira Perdana, Menteri Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif BEM FTMM Kabinet Aksara, KAKIWIMA merupakan proker pertama diawal tahun 2024. Sebelumnya di Kabinet Pandawa periode 2023 lalu, Kekraf belum punya proker tentang kewirausahaan yang melibatkan lima himpunan mahasiswa.

“Tujuan awalnya ingin kembali ke visi fakultas yaitu beraksi dengan kolaborasi,” jelas Hadyan.

Di Kabinet Aksara, Kekraf memiliki goals bagaimana mengumpulkan modal sisi kewirausahaan. Karena sisi kewirausahaan dalam organisasi membutuhkan dana. BEM mendapatkan dan operasional tahunan. Namun, Kabinet Aksara menghendaki adanya sumber pendanaan dari cara lain. Misalnya, proker yang bisa menghasilkan keuntungan sebagai dana/modal.

KAKIWIMA pada semester genap 2023/2024 berlangsung 1 hari, Kamis (16/05) di Gedung Nano lt Ground atau lobi. Lima hima mendapat kesempatan menjual produk makanan. Seperti nasi ayam geprek, kue, roti, dan jajan pasar yang lain.

Antusiasme pembeli sejak pagi terlihat. Bahkan sejumlah tenant kehabisan dagangan. Sejumlah makanan yang laris manis seperti siomay, minuman cincau, maupun nasi ayam geprek.

“Sesudah acara ini, kami akan menyampaikan laporan bagaimana keuntungan dari proker,” jelas Hadyan.

Dalam satu acara hari itu, total transaksi yang tercatat sebesar 4.877.043,00. Angka yang melebih ekspektasi awal.

Harapan dengan acara ini, Kekraf bisa memaksimalkan proker KAKIWIMA lebih maksimal.

Penulis: Andri Hariyanto

 

 

 

source
https://unair.ac.id

By sintek