FTMM NEWS – Society 5.0 memberikan peluang besar untuk menjalankan start-up sebagai bisnis digital, yang merupakan salah satu bisnis paling menguntungkan untuk dilakukan pada era ini. 

Terlebih lagi perkembangan startup di Indonesia menunjukkan data pertumbuhan yang positif. Menurut data Startup Rangking, perusahaan statistik asal Peru, pada 11 Januari 2024, Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara, peringkat kedua di Asia, dan peringkat keenam di dunia untuk negara dengan jumlah startup tertinggi dengan jumlah 2.562 start-up di Indonesia.

Bagaimana Data Scientist dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Start-up?

Menurut hasil riset masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MKTI) pada tahun 2021, permasalahan yang kerap ditemui oleh bisnis startup adalah akses permodalan (34,1%), akses sumber daya manusia (18,7%), permasalahan regulasi (13,3%), kesalahan analisa pasar (12,9%), kesalahan strategi pemasaran (12,3%), dan permasalahan fasilitas (8,8%). Berikut merupakan cara data scientist menanggapi beberapa permasalahan tersebut:

Meskipun dengan modal yang terbatas, data scientist dapat memberikan rekomendasi terbaik dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan melakukan proyeksi data dari pemasukan dan pengeluaran oleh perusahaan.

  • Pemenuhan Sumber Daya Manusia

Kerap ditemukan suatu perusahaan yang belum menemukan sumber daya manusia yang tepat untuk dapat menganalisis dan mengolah big data untuk perusahaan. Oleh karena itu peran data scientist penting untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  • Prediksi dan Analisa Pasar 

Sementara itu, data science dapat membantu Perusahaan untuk menentukan langkah yang tepat bagi bisnis kedepannya. Memberikan visualisasi dari pola-pola pasar dan penjualan di masa depan.

  • Penentuan Strategi Bisnis

Data science dapat melakukan validasi tren yang sedang banyak diminati di pasar, serta dapat melakukan personalisasi pelanggan dengan memahami karakteristik pelanggan yang dapat digunakan sebagai bentuk strategi bisnis.

Bahkan dengan adanya strategi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis start-up untuk menghadapi era Society 5.0, diharapkan dapat meminimalisir kegagalan dan bisnis digital startup yang ada di Indonesia dapat terus mengalami kemajuan dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

 

DAFTAR PUSTAKA

Data Science dan Mengapa itu Penting dalam Mengembangkan Startup? – StartupStudio.id. (2022, April 13). StartupStudio.id. Retrieved May 6, 2024, from https://startupstudio.id/data-science-dan-mengapa-itu-penting-dalam-mengembangkan-startup/ 

Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). PELUANG BISNIS DIGITAL DI INDONESIA PADA ERA SOCIETY 5.0. JURNALKU, 3(3). https://jurnalku.org/index.php/jurnalku/article/view/595/474

Lebih dari 200 Start-up Didorong Berkembang dan Go Global. (2023, July 15). Investor Daily. Retrieved May 6, 2024, from https://investor.id/business/335181/lebih-dari-200-startup-didorong-berkembang-dan-go-global 

Puranamasari, N. A., Hadijati, M., Harsiyah, L., Komalasari, D., Baskara, Z. W., & Putri, D. E. (2023). PERANAN STATISTIKA DALAM ERA BIG DATA, REVOLUSI INDUSTRI 4,0 DAN PERSIAPAN ERA SOCIETY 5,0 DI SMAN 1 SELONG. Prosiding PEPADU, 5(2715-5811). https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/676/540 

Sirait, E. R. E. (2016). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BIG DATA DI LEMBAGA PEMERINTAHAN INDONESIA. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 6(2), 113-136. https://jurnal-ppi.kominfo.go.id/index.php/jppi/article/view/060201 

Penulis: Muhammad Aqeela Bagus Pramudityo

Editor : Andri Hariyanto

source
https://unair.ac.id

By sintek