FTMM NEWS – Air bersih dan sanitasi yang layak adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Keberadaannya sangat penting dalam mendukung kehidupan yang sehat dan pembangunan yang berkelanjutan. Namun, tantangan dalam mencapai target SDG 6 di Indonesia masih cukup besar, seperti pertumbuhan penduduk yang cepat, kurangnya infrastruktur manajemen air yang tahan terhadap perubahan iklim, serta tuntutan terhadap infrastruktur yang terjangkau oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu solusi yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air bersih dan sanitasi.

Salah satu solusinya adalah teknologi sains data. Pemanfaatan Teknologi Sains Data adalah untuk mengoptimalkan penggunaan air, memantau kualitas air dan sistem sanitasi, serta mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan perhatian khusus dalam upaya mencapai target-target SDG 6.

 

Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi

Berikut merupakan beberapa contoh pemanfaatan teknologi sains data dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan air bersih dan sanitasi :

  1. Analisis Data Kualitas Air

Teknologi sains data dapat menganalisis data kualitas air, sehingga dapat mengetahui kondisi air di suatu wilayah. Dengan mengetahui kondisi air yang ada, maka dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga kualitas air tersebut.

  1. Monitoring dan Pengelolaan Sistem Sanitasi

Teknologi sains data dapat memantau dan mengelola sistem sanitasi, seperti mendeteksi kebocoran dan penyumbatan pada sistem pembuangan air limbah. Dengan memantau sistem sanitasi secara terus-menerus, maka dapat melakukan tindakan perbaikan yang lebih cepat dan efektif

  1. Identifikasi Wilayah yang Membutuhkan Perhatian Khusus

Teknologi sains data dapat mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan perhatian khusus dalam upaya mencapai target-target SDG 6. Dengan mengetahui wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, maka dapat melakukan tindakan yang lebih terarah dan efektif untuk meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi

  1. Pemberdayaan Masyarakat

Teknologi sains data tidak hanya memberdayakan pemerintah dan organisasi besar, tetapi juga masyarakat. Aplikasi seluler dan platform online dapat memberikan informasi tentang praktik sanitasi yang aman dan penghematan air kepada individu, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam memastikan akses yang lebih baik terhadap air bersih dan sanitasi.

  1. Penggunaan Efisien Sumber Daya Air

Pemantauan konsumsi air secara real-time dengan bantuan teknologi sains data membantu pemilik rumah tangga, bisnis, dan industri untuk mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan air. Analisis data yang canggih dapat memberikan wawasan tentang pola konsumsi yang tidak efisien dan membantu dalam merancang strategi penghematan air yang lebih baik.

 

Tujuan SDGs Poin 6

Dengan menerapkan teknologi sains data dalam pengelolaan air bersih dan sanitasi, kita dapat mengatasi tantangan-tantangan yang ada lebih efisien. Selain itu, hal ini juga akan membantu kita dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Poin 6, yaitu akses terhadap air bersih dan sanitasi yang bersih, yang merupakan aspek kunci dalam menciptakan dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan bagi semua orang. Teknologi sains data memberikan peluang besar untuk membuat perbedaan nyata dalam upaya meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya air bersih dan sanitasi.

Hingga saat ini sudah banyak loh, perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Sains Data. Salah satunya berada di UNAIR, yaitu di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM). Lulusan ini nantinya akan memiliki gelar Sarjana Sains Data (S.Si.D.). Program Studi ini tegolong baru, angkatan pertama TSD (sebutan Teknologi Sains Data) adalah angkatan 2020. Untuk akreditasi sendiri, menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Teknologi Sains Data UNAIR memiliki predikat Baik.

Penulis : Kyla Belva Queena

Editor : Septia Devi Prihastuti Yasmirullah

DAFTAR PUSTAKA

brin.go.id. (2022, 2 November). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi untuk Atasi Kualitas Air Minum dan Sanitasi Dasar. Diakses pada 6 September 2023, dari https://www.brin.go.id/news/110782/pentingnya-pemanfaatan-teknologi-untuk-atasi-kualitas-air-minum-dan-sanitasi-dasarFakhriyah, Yeyendra, A Marianti. (2021). Integrasi Smart Water Management Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Konservasi Sumber Daya Air di Indonesia. Indonesian Journal of Conservation 10(1).
pslh.ugm.ac.id. (2022, 24 Maret). Teknologi dan Krisis Air. Diakses pada 6 September 2023, dari https://pslh.ugm.ac.id/teknologi-dan-krisis-air/
sdgs.bappenas.go.id. (2019, Juli). Air Bersih dan Sanitasi Layak. Diakses pada 6 September 2023, dari  https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-6/
envihsa.fkm.ui.ac.id. (2021, 30 September). Krisis Air Bersih. Diakses pada 6 September 2023, dari https://envihsa.fkm.ui.ac.id/2021/09/30/krisis-air-bersih/

 

source
https://unair.ac.id

By sintek