Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) telah mengadakan sebuah kuliah tamu yang menghadirkan, Profesor Sulaiman Wadi Harun, merupakan Kepala Departemen Teknik Elektronika di Fakultas Teknik University of Malaya, Malaysia. Kuliah tamu yang dipresentasikan oleh Profesor Sulaiman berjudul “Strategi untuk Meningkatkan Kutipan dan Publikasi Berdampak Tinggi” dihadiri oleh dosen, mahasiswa S2, dan S3 dari beragam program studi di FST UNAIR.

Profesor Sulaiman mengungkapkan bahwa tujuan utama dari menerbitkan karya ilmiah adalah untuk mendapatkan kritik dan masukan terkait penelitian yang dilakukan, baik dari reviewer jurnal maupun pembaca umum. Oleh karena itu, publikasi ilmiah haruslah dibuat dengan integritas dan kejujuran yang tinggi. Naskah ilmiah juga perlu disusun dengan sistematika yang jelas untuk mengomunikasikan satu ide atau informasi dengan tepat.

Profesor Sulaiman menjelaskan bahwa dalam penulisan karya ilmiah, struktur berikut dapat diikuti: (1) mengidentifikasi permasalahan yang ingin diselesaikan, (2) mendemonstrasikan permasalahan tersebut memiliki daya tarik bagi dunia ilmiah atau masyarakat umum, (3) menunjukkan solusi untuk permasalahan tersebut belum ada, (4) mengusulkan ide peneliti sebagai langkah penyelesaian, (5) mendukung ide dengan data yang akurat, jelas, dan rinci, serta (6) membandingkan temuan dengan karya-karya sebelumnya.

Setelah menyampaikan materi kuliah, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara Profesor Sulaiman dan peserta kuliah tamu. Dalam diskusi tersebut, Profesor Sulaiman menekankan bahwa penilaian terhadap seorang peneliti didasarkan pada hasil karya dan publikasinya, bukan latar belakangnya. Profesor Sulaiman juga menggarisbawahi bahwa tidak ada penelitian atau peneliti yang sempurna; penolakan dalam publikasi jurnal atau kegagalan dalam penelitian adalah hal yang lumrah. Namun, kuncinya adalah terus berusaha dan aktif berkolaborasi dengan peneliti lain.

Para peserta kuliah tamu mengungkapkan bahwa materi dan nasihat yang diberikan oleh Profesor Sulaiman memberikan pandangan baru mengenai manajemen penelitian dan penulisan publikasi ilmiah juga dorongan motivasi bagi peserta untuk tetap bersemangat dalam melakukan penelitian dan berkolaborasi dalam kegiatan ilmiah.

By sintek