Cinta terhadap lingkungan terus mengilhami untuk melaksanakan berbagai tindakan konkret dalam mengatasi perubahan iklim. Peningkatan suhu bumi akibat aktivitas manusia telah mengubah pola cuaca dan musim, memaksa manusia dan makhluk lainnya berjuang untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Youth for Climate Change (YCC) merupakan inisiatif yang fokus pada advokasi dan solusi terhadap isu-isu lingkungan dan permasalahan skala nasional, mengangkat isu perubahan iklim merupakan bagian dari arahan strategis Departemen Lingkungan Hidup BEM FST 2022.

Program Youth for Climate Change mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) melalui serangkaian kegiatan seperti webinar, pembersihan lingkungan dari sampah, penanaman pohon, pembuatan infografis, dan donasi. YCC bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya perubahan iklim serta memberikan informasi kepada peserta mengenai kontribusi nyata dalam melawan perubahan iklim, termasuk membantu membersihkan sampah di TPA terdekat. Kegiatan ini diadakan dalam bentuk hybrid, secara online melalui zoom meeting, dan secara offline di TPST Jambangan, Surabaya serta Car Free Day (CFD) Taman Bungkul, Darmo.

Rangkaian acara YCC dimulai dengan webinar pada tanggal 18 September 2022 dengan fokus pada tema “Save Earth” dalam konteks perubahan iklim dan diberi judul “Game Changer for Climate Change. Acara berikutnya berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2022, berupa pembersihan sampah di alam terbuka, khususnya di TPST Jambangan Surabaya. Agenda terakhir diadakan pada tanggal 13 November 2022 dengan Aksi SIDAC (Spy and Raid Plastic), yang melibatkan pembagian gratis tote bag tahan ulang kepada masyarakat untuk membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Aksi ini dilakukan secara langsung pada Car Free Day (CFD) Taman Bungkul, Darmo, Surabaya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap masalah lingkungan di lokasi yang dipilih, sejalan dengan tema acara.

By sintek