FTMM NEWS – Sebanyak 30 peserta SEGTA 2023 yang berasal dari beragam kewarganegaraan, dan juga 8 staff dosen yang berasal dari Universiti Teknologi Malaysia dan Universiti Kebangsaan Malaysia, melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium yang berada di FTMM, RABU (06/09)/ Kunjungan ini merupakan agenda kedua di hari kedua SEGTA 2023 sekembalinya mereka dari kegiatan community development di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar, Surabaya.

Diawali dengan kunjungan ke Laboratorium Rekayasa Nanoteknologi yang berasal di lt 10, para peserta antusias menanyakan kegunaan instrumentasi yang berada di lab ini. Salah satu peserta mengatakan bahwa hasil XRD nya sangat bagus.

Selanjutnya, peserta mengunjungi laboratorium Kombo yang menjadi rumah Komunitas Robot UNAIR untuk melihat hasil karya mahasiswa yang mempunyai passion di robot dan/atau drone. Para peserta sangat antusias melihat penampilan Robot Astro di arena, dan tertarik untuk menjajal memainkannya.

Selanjutnya, para peserta melihat langsung motor listrik hasil karya mahasiswa yang tergabung dalam Electric Vehicle On Study (EV-OS). Mereka antusias untuk menjajal motor listrik yang telah memenangkan berbagai kompetisi ini.

Tak ketinggalan, peserta juga melihat langsung mobil listrik hasil karya Rasena UNAIR EV Team. Tak hanya mendapatkan informasi mengenai mobil listrik dan charging station. Para peserta juga antusias mendengarkan bagaimana Rasena terbentuk hingga mengikuti Shell Eco-Marathon.

Terakhir, peserta SEGTA mengunjungi Research Center New and Renewable Energy yang juga berada di lantar dasar GKB. Beberapa mahasiswa Imercy (The Instrumentation and Energy Research Community) FTMM memaparkan tentang produk yang mereka kembangkan, yang juga telah mereka aplikasikan dalam banyak kegiatan pengabdian masyarakat. Rangkaian kunjungan laboratorium ini melengkapi kegiatan academic courses sehari sebelumnya.

 

Penulis : Mirza Ardella Saputra

Editor : Septia Devi Prihastuti Yasmirullah

 

 

 

source
https://unair.ac.id

By sintek