Era dikala ini teknologi terus tumbuh serta kalian menyadari mulai banyak istilah- istilah teknologi yang timbul, salah satunya‘ algoritma’. Kalian bisa jadi telah kerap mendengar sebutan ini selaku salah satu topik yang banyak diperbincangkan di internet. Tetapi, semacam apa sih sesungguhnya algoritma itu? Kenapa itu berarti dikala ini? Jawabannya dapat kalian temukan di mari!

Apa itu Algoritma serta Gimana itu Berasal?

Algoritma merupakan prosedur serta langkah- langkah buat menuntaskan permasalahan. Algoritma berisi suatu set catatan aksi yang hendak dijalankan. Algoritma sesungguhnya telah terdapat semenjak ribuan tahun kemudian. Algoritma awal yang ditulis yakni“ Tapis Eratosthenes” oleh Euclid yang berisikan langkah- langkah buat menciptakan seluruh bilangan prima pada dalam rentang bilangan tertentu( misalkan di antara 1 sampai 10. 000). Algoritma ini sangat bermanfaat buat memastikan bilangan prima yang besar. Walaupun aplikasi algoritma telah terdapat, tetapi belum terdapat sebutan tersebut pada era yunani kuno. Sebutan‘ Algoritma’ baru timbul pada masa al- Khwrizm yang berasal dari pengucapan namanya dalam bahasa latin ialah‘ Algoritmi’.

Gimana Menyajikan Sesuatu Algoritma?

Algoritma bisa dinyatakan dengan pseudocode serta flowchart. Pseudocode ialah metode penyusunan statment aksi dengan simpel. Sedangkan, flowchart ialah metode menggambarkan suatu set langkah- langkah aksi dengan diagram.

Apa Contoh Algoritma dalam Aktivitas Tiap hari?

Bersumber pada penafsiran simpel algoritma yang sudah kita pahami, hingga algoritma lekat dengan aktivitas kita tiap hari. Tiap pekerjaan yang kita jalani tidak terlepas dari langkah- langkah kerja( prosedur). Sebagian contoh algoritma diantaranya

  • Aktivitas memasak dengan resep
  • Menyusunkan berkas- berkas dokumen bersumber pada sesuatu syarat( misal bersumber pada urutan abjad, bertepatan pada terbuat, jumlah taman dsb)
  • Memastikan rute transportasi

www.unair.ac.id

By sintek