Universitas Islam Malang (Unisma) turut berpartisipasi dalam gerakan percepatan teknologi ketahanan pangan dengan program UNISMAKU-JAMPI (Jelajah Akademik Merespon Persoalan Indonesia). 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menjadi host dalam pertemuan perbincangan santai di halaman utama depan Rektorat Unisma pada Senin (16/8/2021). Acara ini dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia dan 1 Muharram 1443H. 

Kegiatan UNISMAKU JAMPI dilaksanakan mulai Jumat (13/8/2021) sampai 17 Agustus 2021 besok. Hari Rektor menghadirkan tiga pembicara dari Dekan Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. 

“Tiga fakultas ini sudah banyak melakukan riset tentang buku organik dalam rangka peningkatan tamanan terutama padi dan sayur. Kita menghasilkan pupuk unggulan,”ujar Rektor. 

Pihaknya ingin memberikan kontribusi konkret kepada bangsa Indonesia secara umum terutama di saat peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021 ini. 

“Ini bagus ya pengembangan pupuk organik alternatif terbaik untuk meningkatkan kesehatan. Begitu pula produksi peternakan dan pengembangan di bidang teknik,”ungkapnya. 

Dari fakultas teknik, disebutkan juga ada inovasi karya rekayasa tentang pemanfaatan oksigen dengan alat sederhana yang telah dirancang sesuai trial.

“Kita harap bersama ada solusi yang dihasilkan dari forum pertemuan ini. Kita juga melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan meskipun halaman sempit. Itu bisa,”tegasnya. 

Unisma juga bekerjasama dengan pihak perusahaan dan industri untuk hilirisasi hasil-hasil riset. Hasil riset ini ke depan akan dikomersilkan dan bahkan ada beberapa produk yang sudah jalan. 

“Arahnya memang nanti ke ekspor tapi kita ujikan di lokal dulu ya. Unisma menjadi pelopor perubahan terutama perkembangan teknologi ketahanan pangan nasional,”pungkasnya. (*) 

Sumber: Times Indonesia

unair.ac.id

By sintek