FTMM NEWS Indust-Trialist Team yang beranggotakan mahasiswa Teknik Industri Universitas Airlangga berhasil menjadi finalis dalam Industrial Challenge x INGENIOUS Summer Camp 2023. Penyelenggara kegiatan ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Industrial Challenge x INGENIOUS Summer Camp 2023 merupakan bagian dari program pertukaran pelajar di Departemen Teknik dan Sistem Industri ITS. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengenal lebih jauh tentang keterlibatan dan kolaborasi internasional. Kegiatan ini mengusung tema “Elaborating Disruptive Innovations and Technology to Achieve Industrial Sustainability.”

“Keinginan kami untuk mengembangkan kemampuan serta menambah pengalaman menjadi alasan kami bergabung ke dalam kompetisi ini,” ujar Desak, anggota tim. 

Tim yang beranggotakan Venni, Adli, dan Desak ini seringkali mengadakan kegiatan zoom meeting untuk persiapan. Beberapa persiapan yang mereka lakukan adalah mempelajari materi, brainstorming ide dalam pemecahan study case hingga diskusi dengan dosen pembimbing.

Industrial Challenge x INGENIOUS Summer Camp 2023

Industrial Challenge x INGENIOUS Summer Camp 2023 ini  terdiri dari tiga rangkaian kompetisi, yaitu tahap penyisihan, road to grand final, dan grand final. Durasi pelaksanaan Road to Grand Final Industrial Challenge x INGENIOUS Summer Camp 2023 adalah 5 hari. Kegiatan ini terdiri dari Lab Venture and Plenery Section, Rush Hour, Company Visit dan berbagai kegiatan non-kompetitif seperti cultural night, city tour, dan gala dinner. 

Pada Lab Venture, panitia memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan pengalaman langsung di sekitar laboratorium Teknik Industri ITS. Pada tahap ini, peserta juga memecahkan masalah dan pertanyaan dari masing-masing laboratorium melalui sesi mini games. Lab Venture dimulai dengan sesi pleno yang merupakan seminar dan pemaparan terkait sub tema yang berkaitan dengan tema INCHALL 2023.

Kegiatan menarik berikutnya adalah Rush Hour yang merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menguji kemampuan peserta peserta terhadap materi. Tahap ini menguji kecepatan dan ketepatan setiap tim dalam menjawab pertanyaan dalam waktu yang terbatas. Kegiatan berikutnya yaitu Company Visit. Pada tahap ini, seluruh peserta mengunjungi perusahaan mitra INCHALL 2023, PT Hasta Karya Perdana selaku case distributor pada kompetisi ini. Kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada kepada peserta tentang ruang lingkup Teknik Industri di dunia kerja.

“Meskipun rangkaian acara INCHALL sangat padat, namun telah terbayarkan oleh pengalaman luar biasa yang kami dapatkan di sini,” ujar Desak.

Penulis: Desak Made Adya Pramesti

Editor: Rizky Astari Rahmania

source
https://unair.ac.id

By sintek