FTMM NEWS – Hingga hari ini masyarakat luas masih mempertanyakan keamanan air keran yang beredar di Indonesia. Hal ini terjadi karena seringkali sumber utama air keran telah tercemar oleh polutan yang menyebabkan rusaknya kualitas air keran. Pada negara-negara maju, standar air keran yang baik adalah manusia dapat meminum langsung air tersebut sehingga sudah tentu harus bersih dari segala bahan pencemar.

Namun di Indonesia, seringkali hasil pengujian menunjukkan bahwa kandungan mutu air masih tidak sesuai batas standar aman sesuai dengan Permenkes No. 2 Tahun 2023. Oleh karenanya, menjadi sebuah urgensi untuk menciptakan alat pemantauan secara real-time untuk memastikan kualitas air keran di Indonesia dapat setara dengan kualitas air keran di negara maju.

Pemantauan secara real-time dapat dilakukan dengan bantuan nanosensor yang terhubung secara wireless atau dikenal dengan Wireless Nano-Sensor Networks (WNSNs) berbasis Internet of Nano Things (IoNT). Nanosensor memiliki kapabilitas untuk mendeteksi polutan logam berat di dalam air, sebagai contoh adalah nanosensor dengan nanokomposit Au/polyaniline (PANI) yang mampu mendeteksi ion Hg2+. Selain itu terdapat fluorescence-based nanosensors telah terbukti sebagai detektor Al(III) dan silver nanoparticle yang distabilisasikan dengan sodium sulfonate 3-mercaptopropane (SNP-MPS) sebagai detektor Ni2+ dengan sensitivitas yang tinggi, murah dan tanpa memerlukan perlakuan khusus.

Nanosensor terhubung satu sama lain secara wireless menggunakan internet atau dikenal dengan Internet of Nano Things (IoNT). Hasil deteksi dari nanosensor akan terhubung pada sistem pemantauan masing-masing perusahaan PAM, sehingga perusahaan akan mengetahui kondisi air keran yang diolah secara cepat dan tepat.  Dengan adanya nanosensor pendeteksi kondisi polutan pada air keran, maka perusahaan PAM tidak perlu melakukan uji laboratorium secara terus menerus sehingga dapat menekan biaya produksi. Serta pada akhirnya masyarakat mendapatkan sumber air yangl lebih terjamin kualitasnya.

Penulis : Alifaghi Pahlevi Ervianto Putra

Editor : Andri Hariyanto

Referensi : 

Balghusoon, A. O., & Mahfoudh, S. (2020). Routing Protocols for Wireless Nanosensor Networks and Internet of Nano Things: A Comprehensive Survey. IEEE Access, 8, 200724–200748. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3035646 

Graboski, A. M., Martinazzo, J., Ballen, S. C., Steffens, J., & Steffens, C. (2020). Nanosensors for Water Quality Control. In A. Amrane, S. Rajendran, T. A. Nguyen, A. A. Assadi, & A. M. Sharoba (Eds.), Nanotechnology in the Beverage Industry (pp. 115–128). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-819941-1.00004-3

 

 

source
https://unair.ac.id

By sintek